Hatchback Daihatsu New Sirion Dengan Kabin Rada Lega

#Hatchback #Daihatsu #NewSirion

Hatchback Daihatsu New Sirion Dengan Kabin Rada Lega | Hatchback dari Daihatsu ini bernama Sirion.

Ini tergolong type city car low segment yang menjadi pesaing langsung untuk mobil Nissan March, KIA new Picanto, Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Suzuki Splash & Chevrolet new Spark.

Tahun kemarin, telah keluar Daihatsu New Sirion untuk type facelift. Mobil ini mempunyai transmisi manual dengan 5 percepatan.

Sedang untuk spesifikasi telah tertanam mesin 1.3 L K3-VE DOHC 16 valve VVT engine, front ventilated disk brake & drum leading brake on rear wheel, new designed front lamp & new LED rear lamp, new instrument panel with blue light illumination + MID, tilt steering, LED side marker in side ORVMs, seat height adjuster & key immobiliser.

Sisi positif kelebihan mobil Daihatsu New Sirion

  • Tampilan lebih segar
  • Mesin K3-VE versi halus dibanding dengan K3-VE yang digunakan pada xenia
  • Head unit audio baru dengan kompatibilitas USB, auxilary input & koneksi bluetooth untuk ponsel
  • Laci tambahan dibawah jok penumpang
  • Kabin luas & headroom cukup lega

Sisi negatif kekurangan mobil Daihatsu New Sirion

  • Tidak dilengkapi pengaman pasif dual front airbag & ABS seperti kembarannya di semenanjung Malaya
  • Setir tipis dan tidak nyaman karena mengunakan setir dari xenia lama, tidak seperti kembaranya di semenanjung Malaya yang memiliki setir lebih nyaman digenggam
  • Seatbelt tengah kursi belakang untuk beberapa orang dirasa aneh & menganggu (bukan menggunakan tipe lap belt seperti mobil kebanyakan)
  • Karakter kopling manual keras seperti pada Espass & Suzuki Futura
  • Pedal rem enteng & kurang menggigit tetapi pedal kopling berat & keras.
  • Material plastik untuk pengait setelan jok belakang juga masih kasar hasil akhirnya

Perasaan Daihatsu New Sirion kok banyak yang kurang pas ya? Dalam forum otomotif, banyak konsumen yang memang mengatakan hal itu.

Namun, walau ada beberapa sisi yang dirasa janggal  tetapi setidaknya masih tertolong oleh sisi kenyamanan yang lebih baik & nama besar astra.

Keanehan dan kejanggalan ini dimungkinkan karena si pengguna belum terbiasa saja untuk menggunakan. Banyak konsumen yang bilang bahwa setir bisa membuat pedal rem dan kopling lebih terasa keras saat diinjak.

Selain itu juga terasa hentakan mesin saat melepas injakan pedal kopling terlalu besar (terasa tersendat endut-endutan) meskipun sudah dilepas perlahan-lahan.

Di sisi lain, bila memandang Daihatsu New Sirion dari sisi fungsi, mobil ini cukup baik walau tidak tergolong kategori istimewa. Akan tetapi, sisi akomodasi penumpang dan ruang bagasi kabin cukup lega untuk di isi.

Secara umum, kabin mobil mempunyai kabin yang cukup lega bila dibanding mobil yang se-segmen.

Akan tetapi, untuk dalam sisi keamanan dan keselamatan pasif, mobil ini hanya menyediakan seatbelt tensioner 3 titik dan key immobilizer.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia