Cara Mengatasi Kopling Motor Terasa Berat Agar Ringan

#KoplingMotor #HandleKopling #TarikanKopling

Cara Mengatasi Kopling Motor Terasa Berat Agar Ringan | Bagi pengguna motor berkopling, permasalahan tarikan kopling yang terasa berat penyakit kambuhan.

Saat tarikan kopling motor terasa berat, tangan menjadi cepat pegal. Trus, bagaimana cara mengatasi tarikan kopling motor yang terasa berat agar lebih ringan ?

Ada banyak cara untuk membuat tarikan kopling menjadi ringan. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan sebuah alat kecil yang bernama tul.

Alat tersebut sangat efektif untuk menghindari kondisi kopling yang terlalu keras.

Harga tul cukup terjangkau. Dalam pemasangan tul kopling, setut tuas handle kopling diletakkan di gear boxs kanan. Dengan setut ini tuas asli bertambah panjang, sehingga bebannya menjadi lebih ringan.

Selanjutnya, jika sudah dingin kendurkan kopling di blok mesin kanan dengan menggunakan kunci pas 14. Kemudian lepaskan penahan kopling. Selipkan pengenteng kopling ke tuas setut kopling. Lalu tekan plat penjepit peringan dengan menggunakan tang.

Langkah selanjutnya adalah memasang dan merapatkannya dengan kunci pas dan kunci ring 8. Jangan lupa untuk menyelipkan lagi penahan kopling, kemudian setel ulang kopling motor pada posisi yang paling nyaman. Cara tersebut akan meringankan tarikan kopling motor. Ini merupakan cara yang paling simple.

Trus bagaimana cara perawatan tarikan kopling motor agar tetap enteng dan nyaman.

Cara perawatan tarikan kopling motor sangat mudah. Cukup dengan selalu mejaga kebersihan setut tuas handle kopling motor dan lumasi dengan oli. Cukup di oleskan saja.

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan menyepelekan hal kecil seperti kopling. Bila menemui kawat kabel kopling yang sudah berserabut, segera ganti kawat kabel kopling tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia