Perhatikan Cara Perawatan Motor Injeksi Matic

#MotorInjeksi #PerawatanMotor #ServisRutin

Cara Perawatan Motor Injeksi Matic | Pengerjaan servis motor injeksi terbilang singkat bila dibandingkan dengan motor berkarbutaor biasa.

Ongkos perawatan motor injeksi juga masih sama dengan tipe karburator. Dalam proses perawatan motor tipe ini, mekanik diwajibkan untuk memeriksa kebersihan bagian dalamnya serta lubang-lubang alirannya.

Untuk motor yang baru jarak tempuh 500 km dan 2.000 km sampai 4.000 km, biasanya motor injeksi hanya lakukan pemeriksaan komponen seperti busi, kerengangan klep, putaran stationer dan bersihkan filter udara setelah 2.000 km hingga selanjutnya.

Komponen yang harus diganti setiap servis setelah motor menempuh jarak 1.500 sampai 2.000 km hanya oli pelumas mesin.

Adapun pemeriksaan di luar bagian mesin tiap servis, di antaranya rantai penggerak roda, rem, arah sinar lampu utama, sein dan lampu rem. Ditambah lagi cek kekencangan buat roda maupun bantalan kemudi.

Bedanya motor injeksi, tak perlu bongkar pasang karburator. Jika jarak tempuh motor injeksi sudah melebihi angka 4.000 km, maka perawatan tetap masih lebih ringan dibanding motor dengan karburator konvensional.

Meskipun dalam prosesnya dibutuhkan ketelitian pada saat pengecekan per bagian. Sebab, terkadang proses pemeriksaan dibutuhkan keahlihan khusus lantaran butuh alat pendukung bila memang ingin direset atau cek kondisi komponen elektroniknya.

Jika putaran mesin tidak normal, biasanya injektor minta dibersihkan dengan cairan khusus. Pada saat mengecek soket kabel kelistrikan injeksi dan peranti lainnya biasanya butuh alat pendukung khusus pemeriksaan.

Khusus pemeriksaan injektor dan cek alat elektroniknya, lebih baik dilakukan di bengkel resmi yang menyediakan pelayanan itu. Tujuannya agar lebih terpercaya dan untuk menghindari kesalahan analisa.

Dan perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya perawatan servis motor injeksi pada semua merk dan motor matic atau motor manual adalah sama.

Yang terpenting adalah pastikan bahwa melakukan service motor injeksi dilakukan di bengkel yang mempunyai alat analisa injeksi.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia