Waspadai Setir Mobil Bergetar Pada Kecepatan Tinggi

#SetirMobil #KerusakanMobil #GetaranSetirMobil

Setir Mobil Bergetar Pada Kecepatan Tinggi | Kadang, gejala-gejala remeh pada mobil bisa memicu kerusakan mobil yang serius.

Itu merupakan kesalahan dan kelalaian dalam perawatan mobil. Sebagai contoh, munculnya getaran pada setir mobil disaat kecepatan tinggi.

Getarannya kelihatan sepele, tapi itu berujung serius. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mobil di bengkel resmi atau bengkel non resmi yang terpercaya.

Pada dasarnya, setir mobil tidak akan bergetar walaupun ketika mobil dipacu pada kecepatan tinggi. Kalau mobil sudah berumur, biasanya sering muncul getaran pada mobil ketika dipacu pada kecepatan tinggi. Kecepatan di atas 100 km/jam.

Penyebab getaran pada setir mobil, biasanya terjadi akibat permasalahan pada roda-roda bagian depan. Setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi dipicu oleh roda-roda yang non balance.

Getaran setir mobil ini juga dipicu oleh keseringan menjalankan mobil pada jalan yang berlubang atau bergeronjal dengan kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan benturan roda yang terlalu keras pada mobil berkecepatan  tinggi.

Jika getaran setir mobil ini dibiarkan, akan berimbas pada kerusakan pada tir rod, end tie rod, bushing steer, dan laher (bearing) yang cepat aus atau oblak. Jika mengalami setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi, sebaiknya dikurangi kecepatan mobilnya.

Dengan mengurangi kecepatan mobil, maka akan mengurangi efek kerusakan yang ditimbulkan. Sebagai bentuk antisipasi terhadap munculnya getaran setir mobil, lakukan perawatan mobil secara berkala.

Ketika melakukan servis berkala, ungkapkan keluhan yang ada pada mekanik mobil yang menangani. Dan lakukan balancing roda setiap kelipatan 10.000 km.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia