Ketahui Tentang Ban Serep Atau Ban Cadangan Mobil

#BanMobil #BanSerep #BanCadangan

Ban Serep Atau Ban Cadangan Mobil | Pada pembelian mobil baru, tidak semua mobil memberikan perlengkapan ban serep atau ban cadangan. Perlu diketahui bahwa beberapa produsen mobil tidak memberikan ban serep atau mengurangi ukuran ban ini juga ada alasannya.

ban serep

Walaupun ada mobil baru dilengkapi ban serep, biasanya ukuran ban serep lebih kecil daripada ban default-nya. Ciri ban serep mobil keluaran terbaru adalah ukuran velg dan ban lebih kecil dari standarnya, baik lebar telapak ban dan juga tebalnya. Secara teknik, istilah ban serep ini disebut dengan “spacer-saver” atau “donut”.

Sebenarnya, alasan utama ban serep lebih kecil adalah untuk penghematan tempat, biaya, dan beban. Disamping itu jenis compact car hanya memberikan ruang bagasi terbatas, kurang lega bila ditempati ban serep ukuran standar. Kalau alasan biaya, tentu ban serep yang kecil memberikan efisiensi biaya produksi. Selain itu, bentuk ban serep yang lebih kecil juga memberikan bobot yang lebih kecil pula. Bobor kecil ini tidak membebani kinerja mesin mobil.

Layaknya nama spacer saver, penggunaan ban serep atau ban cadangan tidak rekomendasikan untuk pemakaian jangka panjang. Kecepatan ban serep hanya dibatasi pada 60-80 Km/jam atau jarak tempuh 50-80 Km. Ini berhubungan dengan performa ban serep yang terkendala ukuran yang lebih kecil dari  standarnya.

Secara tujuan ban serep, ban ini hanya dipakai untuk menempuh jarak hingga sampai bengkel tambal ban mobil. Setelah itu copot dan tempatkan lagi ban serep pada posisinya.

Ban serep ini bagaikan penolong disaat dibutuhkan. Akan tetapi, keberadaan ban serep ini kadang tidak perhatikan. Kadang kala ketika dibutuhkan, ban serep dalam keadaan gembos. Untuk itu perhatikan tips cara merawat ban serep atau ban cadangan berikut;

  • Periksa kode produksi ban. Ban juga ada masa kadaluarsa Rata-rata usia kelayakan pakai ban serep 5 tahun. Selebihnya perlu diganti.
  • Cek fisik. Rajin-rajinlah memeriksa kondisi ban serep, apalagi tempat letak ban serep di kolong mobil. Perhatikan apakah ada kebocoran atau keretakan dinding ban.
  • Periksa tekanan angin ban. Paling tidak lakukan enam bulan sekali. Karet ban biasanya punya pori-pori yang membuat tekanan angin berkurang. Suhu yang berubah-ubah membuat ban yang terpakai mudah kempes. Berikan tekanan angin lebih tinggi, minimal 3 psi dibandingkan dengan ban yang dipakai.
  • Bersihkan dan beri pelembab (semir ban) ketika saat mencuci mobil. Sekalian cek tutup cover ban serep atau ban cadangan.

Perawatan ban serep mobil memang agak merepotkan. Akan tetapi perawatan ini berguna untuk mejaga kesiapan ban serep ketika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Menurut saya, mungkin saja perkembangan teknologi otomotif khususnya mobil, tidak akan ada mobil yang menyertakan ban serep atau ban cadangan. Akan tetapi menyediakan kit peralatan tambal ban dan sealant bahan penambal ban otomatis. Hal ini karena, banyak dijual cairan sealant penambal ban di beberapa bengkel. Bila ban bocor, maka cairan sealant tersebut akan menutup lubang tersebut. Tapi cairan penambal ban ini tidak bisa digunakan untuk kasus ban pecah.

Tags: ban donut ban mobil safety car

Related Post "Ketahui Tentang Ban Serep Atau Ban Cadangan Mobil"

Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan
#RemTangan #RemParkir #Drive Menggunakan Rem Parkir Atau
Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban
#Modifikasi #VelgMobil #AfterMarket Yang Perlu Diperhatikan Sebelum
Kenali Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil
#SafetyDrive #RemCakram #Mobil Gejala Kerusakan Rem Cakram
Tips Sederhana Berkendara Saat Hujan
#TipsOtomotif #Hujan #SafetyRiding Tips Berkendara Saat Hujan

Leave a reply "Ketahui Tentang Ban Serep Atau Ban Cadangan Mobil"