Ketahui Cara Kerja Sistem Airbag Pada Mobil

#AirbagSystem #SafetyCar #CaraKerjaAirbag

Cara Kerja Sistem Airbag Pada Mobil | Salah satu perlengkapan safety car adalah airbag. Pada dasarnya, tujuan airbag di desain untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera saat terjadi kecelakaan. Bagi yang punya mobil berfitur airbag, sebaiknya paham dengan prinsip kerja airbag. Jangan sampai, fitur sistem airbag mobil malah dapat mencederai penumpang di dalamnya.

benturan airbag mobil

Perlu diketahui publik, bahwa airbag atau kantung udara itu bukan sebuah bantalan udara yang empuk. Kenyataannya letupan tekanan udara pada airbag sangat keras dan cepat. Kalau kena hantaman airbag, serasa dipukul dengan sarung tangan tinju dengan begitu keras.

Airbag atau kantung udara mobil merupakan fitur keselamatan kedua setelah seatbelt. Sistem airbag mobil disebut juga dengan SRS airbag (Supplemental Restraint System). Ini artinya, airbag sangat berbahaya bila disaat airbag mengembang tanpa dilengkapi dengan penggunaan seatbelt.

Pada mobil kelas premium, umunya telah dilengkapi dengan sistem airbag. Perkembangannya sekarang, airbag atau kantung udara terdapat di beberapa sisi mobil. Letak airbag ada di beberapa sisi mobil. Fitur airbag mobil berada pada dasbor (dual airbag), bangku tempat duduk dan side airbag (airbag samping). Contohnya terdapat pada mobil Toyota Alphard, line up BMW, Audi, Mercedes Benz, Renault dll.

Untuk itu, bila melakukan modifikasi mobil maka harap perhatikan sistem airbag pada mobil tersebut. Contohnya adalah modifikasi penggantian jok kulit mobil yang dapat merusak cara kerja airbag. Penggantian jok kulit mobil ini bisa menganggu arah letupan airbag saat mengembang.

Selain itu, kebiasaan meletakkan barang di dasbor mobil dan dan posisi tangan pengemudi pun tidak dapat sembarangan. Bila sistem airbag  bekerja, hal ini menjadi sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan cedera pada pengemudi atau penumpang.

Jika akan melakukan modifikasi mobil, khususnya bagian interior kabin mobil, maka perlu memperhatikan cara kerja airbag. Jangan sampai fungsi airbag mobil yang sebenarnya manjadi terganggu.

Jangan sampai juga, gara-gara modifikasi mobil, cara kerja sensor airbag menjadi terganggu. Sebaiknya, bila ingin melakukan modifikasi konsultasikan dulu masalah ini dengan pihal teknisi. Boleh melakukan modifikasi interior kabin mobil, asalkan standar spesifikasi airbag masih sesuai dengan pabrikan. Maka dari itu, pilih bengkel modifikasi otomotif yang profesional standar pabrikan.

Tags: airbag mobil safety car sistem airbag

Related Post "Ketahui Cara Kerja Sistem Airbag Pada Mobil"

Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan
#RemTangan #RemParkir #Drive Menggunakan Rem Parkir Atau
Kenali Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil
#SafetyDrive #RemCakram #Mobil Gejala Kerusakan Rem Cakram
Tips Sederhana Berkendara Saat Hujan
#TipsOtomotif #Hujan #SafetyRiding Tips Berkendara Saat Hujan
Ketahui Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem Sebelum Mengemudi
#RemMobil #Otomotif #SafetyDrive Penyebab Rem Mobil Tidak

Leave a reply "Ketahui Cara Kerja Sistem Airbag Pada Mobil"