Cara Merawat Pintu Sliding Mobil Dengan Mudah

#PintuMobil #TipsOtomotf #PowerDoor

Cara Merawat Pintu Sliding Mobil | Keberadaan mobil dengan jenis pintu geser makin banyak diminati. Pintu geser mobil lebih terkesan premium. Pintu geser mobil sering disebut juga dengan pintu sliding mobil. Sekarang, pintu sliding telah menjadi fitur pada mobil diberbagai tingkatan kelas.

sliding door mobil

Cara membuka pintu sliding mobil ini pun ada dua cara. Pertama, buka-tutup pintu sliding secara otomatis. Kedua, buka-tutup pintu sliding mobil secara manual. Untuk membuka pintu geser mobil secara otomatis, hanya perlu pencet tombol “power door” saja. Maka pintu mobil akan terbuka sendiri (pintu mobil otomatis).

Pada pintu mobil jenis sliding atau geser, memerlukan mekanis yang agak sedikit butuh perawatan. Perawatan pintu mobil ini mudah dan murah. Maksud dari perawatan ini agar buka-tutup pintu tetap lancar dan pintu mobil menutup rapat.

Cara merawat pintu sliding mobil, hanya menjaga kebersihan rel pintu mobil. Bersihkan rel di bodi mobil dengan posisi pintu mobil tertutup. Alat untuk membersihkannya menggunakan kuas kering. Setelah itu, semprotkan contact cleaner atau WD40 spray untuk melarutkan kotoran dan sisa gemuk (graise) yang sudah kotor atau berkerak.

Setelah disemprot, usap rel pintu mobil dengan lap bersih. Ulangi beberapa kali, hinga di yakini bahwa rel pintu sliding mobil telah bersih dan berjalan lancar.

Pada bagian akhir adalah, melumasi kembali rel pintu geser mobil dengan gemuk. Lumasi tipis saja, jangan terlalu banyak. Cukup di oles-oleskan saja pada rel. Kalau pemberian gemuknya terlalu tebal, maka akan cepat kotor.

Cara membersihkan rel pintu sliding mobil tersebut, juga dilakukan pada rel bagian bawah (dekat pijakan kaki). Bedanya, pembersihan rel dilakukan saat pintu mobil posisi terbuka.

Selain dengan cara pembersihan rel pintu, cara merawat pintu sliding mobil juga harus diikuti dengan penggunaanya yang benar. Berikut cara penggunaan pintu mobil jenis sliding agar tidak cepat rusak.

  1. Jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif.
  2. Cara buka pintu mobil otomatis dengan menekan tombol “power door” atau menarik pegangan handle pintu. Saat menarik handle pintu, jangan memaksa dilempar ke arah belakang.
  3. Untuk pintu mobil manual, cara buka tutup pintu geser mobil dilakukan dengan halus tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak atau pintu mobil tidak menutup dengan rapat.

Perlu juga diketahui, penggunaan buka-tutup pintu sliding mobil secara otomatis yang berulang kali, dapat menyebabkan aki mobil tekor atau habis. Bisa dirasa tidak perlu, sebaiknya buka pintu sliding secara manual saja. Saya rasa, kedepan banyak pintu mobil yang berjenis sliding terpasang pada produk otomotif. Pintu mobil jenis sliding atau geser ini lebih simpel dalam pengoperasiannya.

Tags: merawat mobil pintu mobil tips otomotif

Related Post "Cara Merawat Pintu Sliding Mobil Dengan Mudah"

Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Tips Bagi Anda Yang Ingin Beli Mobil Bekas Taksi
#Taksi #Mobil #BursaOtomotif Tips Beli Mobil Bekas

Leave a reply "Cara Merawat Pintu Sliding Mobil Dengan Mudah"