Tips Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi

#SafetyCar #MobilCepat #TipsOtomotif

Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi | Disaat jalanan yang sepi dan lengang, keinginan untuk memacu mobil lebih cepat akan munbul. Selain itu, saat situasi darurat juga mendorong untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

mobil ngebut dijalan

Hal penting dalam mengemudi mobil adalah memastikan keamanan bagi pengemudinya dan pengguna jalan lainnya. Memacu kendaraan dengan aman. Untuk itu, sebaiknya ikuti tips mengendarai mobil dengan ecepatan tinggi berikut ini;

Pacu tarikan mobil dengan halus

Sebisa mungkin akselerasi tarikan mobil dengan halus. Perhalus perpindahan gigi persneling mobil dengan halus. Sesuaikan kecepatan mobil dengan gigi persnelingnya.

Duduk dengan posisi nyaman

Pastikan posisi duduk dapat menjangkau seluruh putaran setir dan kendali mobil. Kenyamanan posisi duduk sangat penting. Semakin kencang kecepatan mobil, semakin sedikit juga waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi. Perlu reflek yang cepat dan tepat.

Jangan melakukan kegiatan makan minum dan memegang handphone dikala sedang mengendarai mobil.

Ambil jalan jalur cepat

Jangan pernah mengebut di saat kondisi jalanan sedang ramai. Boleh ngebut asalkan aman bagi pengendara lainnya. Ngebut pada jalur yang tepat.

Kestabilan di tikungan

Perhatikan kecepatan mobil saat jalanan menikung. Gunakan pedal gas dan kopling untuk mendapatkan kestabilan dalam menikung. Saat menikung, luruskan pandangan hanya melihat jalanan di depan mobil.

Hindari oversteer

Oversteer biasa terjadi ketika memaksa memacu kendaraan di tikungan dan roda belakang menjadi selip. Contohnya adalah pengereman telat disat menikung,. Mengambil sudut tikungan terlalu dekat atau melepas pedal gas di tengah tikungan.

Saat menikung, jangan melakukan pengereman mendadak. Lakukan pengereman mobil secara bertahap dalam satu garis lurus. Tidak semua mobil memiliki fitur ABS (Anti-lock Braking System), maka dari itu tahap pengereman sangatlah penting.

Kenali karakter mobil yang dipakai

Kenali karakter mobil yang sedang ditumpangi. Apakah berpenggerak roda depan, roda belakang, atau keempat roda. Ini berhubungan dengan kestabilan mobil saat menikung. Selain itu, perhatikan juga tipe dan ukuran ban, suspensi mobil, bobot total mobil dan fitur perangkat rem mobil. Itu semua sebagai bahan pertimbangan dalam memacu mobil dengan kecepatan tinggi.

Jangam memaksa mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi bila kondisi mesin tidak memungkinkan. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan normal dan optimal.

Ngebut sesuai dengan kondisi jalan

Kondisi jalanan juga mempengaruhi kestabilan mobil disaat sedang melaju kencang. Sering kali, kondisi jalanan ini menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Tips mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi diatas, bisa anda sesuaikan dengan karakter anda mengemudi. Boleh ngebut asalkan tetap safety car. Selain itu, perlu diketahui bahwa situasi jalanan tipa kota/daerah itu bermacam-macam. Perlu hati-hati bila tidak kenal medan jalannya.

Tags: mengemudi mobil mengendarai mobil safety car tips otomotif

Related Post "Tips Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi"

Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Tips Bagi Anda Yang Ingin Beli Mobil Bekas Taksi
#Taksi #Mobil #BursaOtomotif Tips Beli Mobil Bekas
  1. Ketahui Kapan Waktunya Butuh Spooring Ban Mobil2 years agoReply

    […] menyetir mobil terasa kurang stabil atau setelah dilakukan perbaikan sistem kemudi. Spooring diperlukan untuk […]

Leave a reply "Tips Mengendarai Mobil Dengan Kecepatan Tinggi"