Tips Membersihkan Interior Mobil Pasca Kebanjiran

#InteriorMobil #MobilKebanjiran #BauTidakSedapMobil

Membersihkan Interior Mobil Pasca Kebanjiran | Dalam perawatan dan perbaikan mobil pasca banjir, interior mobil mendapat prioritas utama. Bahan dan material interior mobil mudah menyerap air dan berpotensi muncul bau tidak sedap. Hal inilah yang menjadi sumber permasalahan interior mobil pasca kebanjiran.

kerusakan mobil kebanjiran

Air banjir pasti mengandung kotoran dan lumpur. Ini yang menyebabkan bau tidak sedap. Kabin mobil yang terendam banjir, harus dibongkar copot semua. Semua part komponen harus dibersihkan dan di copot untuk di jemur atau di keringkan.

Untuk bagian jok mobil, proses pengeringannya harus tuntas. Busa jok mobil beserta kain cover jok harus dilepas dan diperas terlebih dahulu. Butuh perjuangan ekstra dan ketelatenan dalam mengeringkan jok mobil. Biasanya, untuk mengeringkan jok mobil perlu waktu sekitar dua minggu dengan dijemur di bawah sinar matahari.

Dalam mengeringkan jok mobil, tidak disarankan menggunakan oven atau hair dryer. Penggunaan alat ini hanya mengeringkan bagian permukaan saja. Untuk cover jok mobil berbahan kulit, waktu pengeringannya lebih cepat daripada cover jok yang berbahan semikulit.

Pada bagian karpet mobil, proses penjemuran harus di bolak-balik sisinya. Biasanya, di balik karpet dasar, terdapat peredam kain. Lembaran-lembaran peredam ini juga harus dilepas dan dikeringkan.

Sedangkan pada bagian plafon mobil, terdapat dua pilihan. Pertama, ganti dengan plafon mobil yang baru. Kedua, masih menggunakan plafon yang lama, akan tetapi hasil akan kurang maksimal. Perlu diketahui, plafon mobil hanya mengandalkan lem untuk menempelkannya di atas. Lem plafon mobil ini sekali pakai dan sekali tempel. Ini lem khusus. Bila memakai jenis lem yang beredar dipasaran, maka hasilnya pengelemannya kurang maksimal untuk jangka panjangnya.

Selain itu, bau tidak sedap pada mobil pasca kebanjiran juga bisa diakibatkan oleh saluran AC mobil. Biasanya pada saluran distribusi AC mobil yang untuk ke kaki (bagian bawah) dan ke bagian belakang. Komponen saluran AC ini menempel pada dek mobil, sehingga sangat mudah untuk dimasuki air. Sebaiknya, pembersihan saluran AC mobil ini dilakukan secara menyeluruh. Bongkar dan bersihkan semua komponen AC mobil.

Untuk komponen elektrikal mobil, harus hati-hati penanganannya. Bersihkan semua soket-soket jalur kabel pada bagian part komponen elektrikal. Setelah itu, lepas semua perangkat elektronik yang  ada di mobil. Cara penanganan perangkat elektronika mobil, akan saya bahas di lain waktu. Namun, perlakuan penanganan perangkat elektronika mobil pasca kebanjiran, sama dengan penanganan ECU mobil pada mobil yang kebanjiran. Ini bisa di baca pada artikel Minimalisir Efek Kerusakan Mobil Terendam Banjir.

Tags: bau interior mobil mobil kebanjiran tips otomotif

Related Post "Tips Membersihkan Interior Mobil Pasca Kebanjiran"

Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Tips Bagi Anda Yang Ingin Beli Mobil Bekas Taksi
#Taksi #Mobil #BursaOtomotif Tips Beli Mobil Bekas

Leave a reply "Tips Membersihkan Interior Mobil Pasca Kebanjiran"