Mengatasi Tarikan Mesin Mobil Tersendat Saat RPM rendah

adsense-fallback

#MesinMobil #MobilTersendat #MobilTua

Mesin Mobil Tersendat Saat RPM rendah | Salah satu penyakit umum yang terjadi pada mobil berumur atau mobil lawas, adalah mobil yang tersendat-sendat pada saat RPM rendah. Kalau mesin mobil di gas, terasa tarikan mesin mobil endut-endutan. Ini terjadi saat akan masuk gigi persneling dua.

adsense-fallback

Walaupun masalah ini sering terjadi pada mobil tua, akan tetapi tak jarang juga terjadi pada mobil baru yang jarang perawatan. Maka dari itu, lakukan servis berkala secara rutin.

Penyebab tarikan mesin mobil tersendat saat di gas adalah kurang maksimalnya kerja bagian pemasok bahan bakar ke mesin. Settingan mesin kurang pas. Biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel.

Cara mengatasi tarikan mesin mobil tersendat saat RPM rendah cukup melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian saja. Termasuk servis ringan.

Beberapa bagian part komponen yang harus di cek adalah busi, fule filter dan air filter. Ketiga komponen mobil ini berpengaruh pada jalannya mobil yang tersendat saat mesin putaran bawah. Ketiga komponen ini perlu di bersihkan.

Biasanya, pengerjaan di bengkel resmi untuk maslah mesin mobil yang endut-endutan salah satunya memeriksan ketiga komponen itu. Namun, sebagai langkah akhir pengecekan, bengkel akan melakukan scanning mobil dengan menggunakan alat scanner. Alat scan ini untuk membaca deteksi sensor system engine pada mobil. Scanner akan memastikan status “no trouble code” jika tidak ada masalah atau masalahnya sudah teratasi.

Jika semua treatment sudah dilakukan, tinggal mencoba jalannya mesin mobil pada putaran bawah dan putaran atas mesin. Jadi, kalau mobil mengalami endut-endutan tesendat-sendat, maka janganlah panik. Itu semua biasa disebabkan sistem pasokan bahan bakar kurang maksimal akibat kotoran yang menempel atau settingan mesin kurang pas.

adsense-fallback