Merawat Komponen Kelistrikan Mobil

#FiturMobil #KelistrikanMobil #KomponenElektrikalMobil

Merawat Komponen Kelistrikan Mobil | Perkembangan teknologi otomotif maju pesat. Lambat laun tapi pasti, mobil di kendalikan oleh perangkat elektronika. Ada sistem kelistrikan mobil di dalamnya. Ada beberapa fitur mobil yang menggunakan rekayasa elektronika terbenam dalam mobil.

sekering kelistrikan mobil

Fitur mobil ini berkerja secara elektronik. Bisa disebut fitur elektrikal mobil. Fitur ini memberi kenyamanan bagi pengguna mobil di dalamnya. Fitur ini ada yang berbasis sistem kendali dan ada yang berbasis kecerdasan buata.

Kembali lagi ke cara merawat komponen kelistrikan mobil.  Mau di akui atau tidak, fitur elektrikal mobil ini lebih rentan bermasalah. Banyak penyebab kerusakan sistem kelistrikan mobil.

Agar fitur elektrikal mobil tetap berfungsi dan optimal bekerja, perlu edukasi untuk merawatnya. Sebaiknya ikuti tips cara merawat komponen kelistrikan mobil berikut;

Power window mobil

Fitur ini dapat membuka dan menutup kaca jendela mobil secara elektrik. Ada juga power window mobil yang sudah otomatis buka nutup kaca jendela mobil. Komponen utama power window adalah motor, roda gigi penggerak dan switch.

Bila naik turun kaca jendela mobil seret atau power window mobil macet, biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kaca atau karet kaca sudah getas. Kalau power window mobil seret macet, maka kerja motor dan roda gigi penggerak akan semakin berat. Kira-kira, inilah salah satu penyebab power window mobil rusak mati..

Central door lock mobil

Fitur ini untuk mengunci seluruh pintu mobil secara otomatis. Central door lock digerakkan oleh motor pada sseluruh sisi pintu mobil. Jika ini central door lock tidak berfungsi, bisa disebabkan oleh kabel yang putus atau sekering mobil ada yang terputus. Kalau kerusakan motor central door lock jarang sekali terjadi.

Remote kunci mobil

Selain dikendalikan melalui tombol panel kemudi, central door lock juga dapat dikendalikan melalui remote kunci mobil. Remote kunci mobil ini dapat mengendalikan central door lock dari jarak 5 meter. Tinggal tekan tombol “lock”, maka seluruh pintu mobil terkunci otomatis. Remote kunci mobil juga dilengkapi dengan tombol kendali alarm mobil. Kerusakan remote kunci mobil, biasanya disebabkan oleh baterai yang lemah.

Penggerak jok mobil elektrik

Di beberapa mobil, fitur ini menjadi kelengkapan standar. Posisi jok mobil dapat diatur maju mundur jok mobil dan juga ketegakan sandaran secara elektrik. Semua ini digerakan oleh motor penggerak atau dinamo. Perawatan jok mobil elektrik, treatment-nya sama dengan perawatan power window mobil. Cuma, pada jok elektrik yang dibersihkan adalah kolong jok dan rel penggeraknya.

Spion mobil elektrik

Pengaturan posisi kaca spion, dapat diatur dengan mudah oleh pengemudi. Ini manfaat fitur spion elektrik. Pengemudi tinggal menekan tombol untuk mengaturnya. Cara merawat spion mobil elektrik cukup mudah, tinggal semprotkan saja contact cleaner untuk membersihkannya.

Tags: fitur elektrikal mobil fitur mobil komponen kelistrikan mobil merawat mobil

Related Post "Merawat Komponen Kelistrikan Mobil"

Mengapa Milih Honda dan Kelebihan Mobil Honda Dibandingkan Merk Lain
#Honda #Mobil #MilihMobil Mobil Honda | Honda, semua
Tips Sederhana Merawat Wiper Mobil Kendaraan Anda
#Wiper #Mobil #TipsOtomotif Tips Sederhana Merawat Wiper
Hayuk Kenali Gejala Kerusakan Rem
#TipsOtomotif #Mobil #Motor Gejala Kerusakan Rem |
Kenali Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil
#SafetyDrive #RemCakram #Mobil Gejala Kerusakan Rem Cakram

Leave a reply "Merawat Komponen Kelistrikan Mobil"