Agar Tidak Tertipu Membeli Suku Cadang Palsu

#SparepartOri #OnderdilAsli #SukuCadangAsli

Membeli Suku Cadang Palsu | Konsumen otomotif di Indonesia sangat besar sekali. Pertahun, pertambahan kendaraan dijalanan meningkat secara signifikan. Begitu juga dengan permintaan suku cadang kendaraan yang juga terus naik.

onderdil motor

Bisnis jual beli suku cadang memang tidak ada matinya. Hal ini juga bebarengan dengan maraknya pertumbuhan bengkel motor atau bengkel mobil di jalanan. Banyak bengkel jalanan yang bisa menangani berbagai merk kendaraan. Bisa merk Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Toyota, Daihatsu dll.

Saking menggiurkannya bisnis ini, maka banyak pula didapati dijual suku cadang palsu. Berbagai onderdil motor dan onderdil mobil palsu beredar di beberapa toko onderdil. Saya pun pernah ketipu dengan membeli suku cadang palsu.

Kemasan dan packing sparepart palsu itu sama persis dengan suku cadang asli orisinil. Nah bingung kan. Belum tentu lho membeli suku cadang di bengkel resmi itu dapat suku cadang asli orisinil. Pernah saya nemui toko bengkel motor yang di bagian gudang, banyak karyawan yang tengah mengekemas/ merakit onderdil motor untuk di jual. Sejak itu, kecurigaan saya muncul.

Saya juga pernah menemui seorang mekanik bengkel resmi pabrikan yang malah membeli suku cadang di toko onderdil motor di Jogja yang terkenal menjual barang suku cadang KW. Dan suku cadang yang dibeli itu, di pasang pada motor yang sedang di servis. Kalau sudah begitu, tidak menjamin keaslian dari sparepart yang di beli mekanik tersebut di toko itu. Sejak itu, saya berhenti melakukan servis rutin motor saya di bengkel resmi itu.

Sulit memang untuk mengetahui suku cadang palsu. Setelah pengalaman itu, antisipasi cara agar terhindar membeli suku cadang palsu adalah dengan membeli sparepart di toko resmi pusat area.

Selain itu, cocokan part number sparepart pada kemasan dengan part number katalog suku cadang kendaraannya. Bila berbeda, wajib ditanyakan keaslian sparepart yang di jual itu. Bila nanti terindikasi palsu, segera komplain ke toko resmi tersebut.

Untuk toko resmi penjual suku cadang asli, biasanya ada kepastian bahwa itu barang asli bergaransi. Belum banyak orang yang tahu kalau suku cadang asli itu bergaransi. Dan jarang sekali, toko bengkel resmi penjual suku cadang asli yang memberitahukan ke konsumen, kalau sparepart yang di beli itu bergaransi.

Bila mendapatkan suku cadang asli tetapi terindikasi palsu, maka segera berikan keluhan di toko bengkel resmi tempat membeli suku cadang itu.

Tags: bengkel otomotif sparepart mobil sparepart motor suku cadang

Related Post "Agar Tidak Tertipu Membeli Suku Cadang Palsu"

Mengenal Ciri Dan Tanda Gear Rantai Aus Harus Diganti
#GearRantai #BengkelOto #Motor Ciri dan tanda gear
Alat Scanner Motor Injeksi (FI Diagnostic Tools)
#Motor #ScannerInjeksi #Otomotif Alat Scanner Motor Injeksi |
Apa Saja Toh Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin
#Mesin #KompresiMesin #CompressionTester Tanda Kompresi Bocor Pada
Tanya Kenapa Tidak Boleh Mengisi Radiator Dengan Air Biasa
#Radiator #Coolant #AirRadiator Tanya Kenapa Tidak Boleh

Leave a reply "Agar Tidak Tertipu Membeli Suku Cadang Palsu"