Perlu Tahu Manfaat Spooring dan Balancing Mobil

#SpooringBalancingMobil #KestabilanMobil #KakiKakiMobil

Manfaat Spooring dan Balancing Mobil | Banyaknya muncul bengkel spooring dan balancing mobil merupakan akibat berkurangnya rasa kenyamanan berkendara yang terganggu. Muncul getaran pada mobil. Apalagi getaran mulai muncul saat kendaraan melaju dengan kecepatan 100 km/jam. Atau getaran muncul saat mobil berpapasan dengan bus antar provinsi yang terkenal cepat.

spooring balancing

Biasanya getaran terjadi disekitar setir mobil. Setir mobil bergetar. Ini akan terasa saat mobil di salip atau berpapasan dengan kendaraan yang lebih besar. Serasa mobil bergoyal geyal geyol.

Kalau ini terjadi, sebaiknya jangan anggap sepele gejala kerusakan mobil ini. Selain disebabkan oleh getaran pada setir mobil, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya spooring dan balancing roda mobil. Ini saling terhubung dengan setir mobil. Secara otomatis berpengaruh juga dengan kendali gerak mobil, apalagi disaat melaju kecepatan tinggi. Sebaiknya segera bawa ke bengkel spooring dan balancing ban mobil.

Kalau merasakan gejala itu semua, sebaiknya lakukan spooring dan balancing ban mobil. Akan tetapi sebelum melakukan hal itu, cek dulu semua kondisi ban dan velg, suspensi mobil, dan hubungan antar kaki-kaki mobil.

Ban yang tidak seimbang akan membuat setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi. Dan dapat merusak suspensi mobil.

Sedangkan mobil yang tidak selaras atau perlu di spooring, gejalanya adalah laju kendaraan membuang ke satu arah (kiri atau kanan). Ini juga terjadi pada saat mobil kecepatan tinggi dan setir mobil bergetar.

Maka dari itu, manfaat spooring dan balancing mobil adalah menyelaraskan dan menyeimbangkan jalannya laju mobil. Cara spooring dan balancing mobil dengan melakukan setting kaki-kaki mobil (roda mobil).

Selain munculnya getaran pada setir mobil, gejala mobil perlu dilakukan spooring dan balancing dapat dilihat pada fisik ban. Biasanya ke-aus-an ban tidak merata. Spooring berguna untuk meluruskan titip poros ban agar mobil melaju tetap terjaga.

Secara tidak langsung, fungsi spooring dan balancing mobil untuk membuat mobil dapat melaju dengan stabil. Kalau ditanya masalah tarif harga biaya spooring dan balancing mobil, saya belum tahu. Saya belum pernah melakukan ini.

Tags: bengkel otomotif setir mobil spooring balancing

Related Post "Perlu Tahu Manfaat Spooring dan Balancing Mobil"

Alat Scanner Motor Injeksi (FI Diagnostic Tools)
#Motor #ScannerInjeksi #Otomotif Alat Scanner Motor Injeksi |
Mengenal Understeer Oversteer Dan Cara Mengatasinya
#HandlingMobil #TipsOtomotif #Otomotif Understeer Oversteer Dan Cara
Apa Saja Toh Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin
#Mesin #KompresiMesin #CompressionTester Tanda Kompresi Bocor Pada
Tanya Kenapa Tidak Boleh Mengisi Radiator Dengan Air Biasa
#Radiator #Coolant #AirRadiator Tanya Kenapa Tidak Boleh
  1. Macam Jenis Balance Roda Dan Manfaatnya2 years agoReply

    […] bobot counter pada permukaan luar velg untuk mengimbangi ketidakseimbangan. Pada pekerjaan balancing roda ban mobil diupayakan  distribusi berat menjadi  hampir sempurna. Apabila roda (velg dan ban) sudah seimbang […]

  2. Ketahui Kapan Waktunya Butuh Spooring Ban Mobil2 years agoReply

    […] untuk mendapatkan hasil data spooring ban mobil yang akurat adalah komponen kaki-kaki mobil (system suspensi) dan sistem kemudi  mobil harus […]

Leave a reply "Perlu Tahu Manfaat Spooring dan Balancing Mobil"