Inilah Cara Menyetel Kopling Mobil Avanza Xenia

#KoplingMobil #BengkelMobil #TipsOtomotif

Cara Menyetel Kopling Mobil | Setelan kopling yang kurang pas, akan membuat kagok dalam menyetir. Biasanya, settingan kedalaman kopling itu diatur menurut selera di pengemudi. Ada yang suka setelan pedal kopling mobil dangkal dan ada juga yang suka settingan pedal kopling mobil yang dalam.

setel kopling avanza

Cara setel kopling mobil itu memang mudah, apalagi menyetel kopling avanza – xenia. Kopling mobil avanza dan xenia masih menggunakan sulur kabel kawat pada sistem koplingnya. Sehingga untuk mengaturnya, tinggal menyetel kabel kopling mobil saja.

Kelebihan sistem kopling yang menggunakan kabel kawat adalah, bila terjadi putus ditengah jalan, mudah untuk diganti. Kabel kawat kopling ini sama halnya dengan kawat kabel kopling pada motor.

Sedangkan kelemahan kabel kawat kopling mobil adalah secara lambat laun pemakaian, tekanan kopling mobil akan seret, serasa ada yang mengganjal pada sulur kabel kawat. Hal ini disebabkan oleh kotoran dan gesekan yang terjadi pada kabel kawat kopling.

Untuk mengatasi kabel kawat kopling mobil yang seret dan agak keras, bisa dilakukan dengan melumasi oli pada sulur kawatnya. Bila sudah di lumasi, tetap saja seret, maka kabel kopling mobil diganti. Cara mengganti kabel kopling avanza dan xenia bisa dilakukan sendiri dirumah.

Setelah kabel kopling mobil di ganti, maka tahap selajutnya adalah menyetel kopling mobil avanza xenia pada posisi yang pas dan sesuai selera pengemudi. Cara menyetel kopling mobil mobil avanza xenia adalah dengan mengatur jarak main pedal kopling. Cara setting kopling mobil avanza xenia adalah sebagai berikut;

Pertama, buka kap mesin. Lalu lihat pada bagian bawahantara pipa dipstick oli dan kolom setir, terdapat mur plastik warna hitam yang besar bentuk kembang. Itulah plastik penyetel pedal kopling.

Kedua, putar ke kanan atau searah jarum jam agar jarak pijakan kopling menjadi dalam (injakan pedal kopling dalam) atau putar sebaliknya untuk mengatur pedal kopling agar dangkal. Idealnya jarak pijakan pedal kopling disetel setengah dari pijakan paling dalam atau disesuaikan selera pengemudi.

Saya lebih rekomen untuk menyetel kedalaman kopling mobil itu disesuaikan dengan selera dan karakter pengemudi, asalkan kapas kopling masih bisa los (tidak tertekan). Bagi yang berkaki pendek, tentu suka setelan pedal kopling yang agak dangkal dan begitu pula sebaliknya.

Tags: bengkel mobil kopling mobil tips otomotif

Related Post "Inilah Cara Menyetel Kopling Mobil Avanza Xenia"

Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Inilah Cara Menyetel Kopling Mobil Avanza Xenia"