Penyebab RPM Mesin Mobil Naik Turun Tidak Stasioner

#RPMMesin #BengkelOtomotif #MesinMobil

RPM Mesin Mobil Naik Turun | Pada mesin mobil yang sudah berumur, sering mengalami tiba-tiba suara mesin ”meraung” sendiri. Itu terjadi tanpa menginjak pedal gas. Ini pertanda RPMmesin tidak stasioner.

rpm mesin stationer

Biasanya, RPM mesin mobil naik turun tidak stasioner terjadi ketika dalam kecepatan rendah atau dalam keadaan berhenti dan ketika suhu mesin panas. Hal ini pun akan mengakibatkan perpindahan gigi persneling menjadi keras dan bunyi kasar. Kalau ini di biarkan pada mobil bertransmisi manual, akan menyebabkan kampas kopling cepat aus habis terkikis.

Bila kondisi RPM mesin tidak stasioner ini terjadi pada mobil bertransmisi otomatis, maka berpengaruh pada pemindahan gigi persneling dari netral ke D. Perpindahan gigi persneling akan terasa keras dan seperti dipaksakan. Efeknya dari mesin tidak stasioner akan memperpendek usia transmisi. Selain itu mobil bisa meluncur cepat secara tiba-tiba.

Selain di alami oleh mobil yang sudah berumur, kejadian RPM mesin mobil naik turun tidak stasioner juga dialami oleh mobil injeksi yang mengalami kerusakan pada kontrol sistem injeksinya.

Kebanyakan orang mengira, penyebab RPM mesin naik turun pada mobil injeksi akibat dari servo idle speed control (ISC). Bisa juga diakibatkan oleh komponen yang membuat kinerja ISC tidak optimal.

Sebagai langkah awal untuk mengatasi RPM mesin mobil naik turun tidak stasioner, cek dulu kondisi komponen ISC. Indikasi terbesar karena kebocoran udara atau salah satu katup servo tidak menutup karena kotoran atau kerak uap oli yang terhisap dari ruang bakar (combusion chamber).

Untuk menghilangkan kotoran pada katur servo, cukup dibersihkan menggunakan lap atau cairan khusus. Hati-hati dalam membersihkan dan jaga jangan sampai kotor lagi. Jika sparepart mobil ini rusak, biaya penggantian cukup mahal. Bisa sampai angka jutaan.

Sedari yang sudah di sebutkan tadi, penyebab RPM mesin tidak stasioner bisa juga disebabkan oleh hal lain. Bila setelah cek bagian ISC dan ternyata tidak bermasalah, mungkin bisa karena hal lain. Untuk itu cek hal-hal berikut ini:

  1. Bersihkan saringan udara dan air flow sensor unit. Lakukan perwatan rutin dan penggantian sesuai rekomendasi buku manual.
  2. Bersihkan dan cek kondisi throttle body, injektor, EGR Valve.
  3. Cek selang vacuum. Jangan sampai selang vacuum tersumbat oleh kotoran, walaupun cuma sedikit. Harus benar-benar bersih salurannya.
  4. Cek kondisi sensor-sensor mesin, dan lakukan perawatan berkala sesuai yang dianjurkan.

Yang tersebur diatas merupakan langkah-langkah awal dalam mengatasi RPM mesin naik turun tidak stasioner bila terjadi pada mobil. Bila setelah dilakukan langkah-langkah diatas tetap saja RPM mesin tidak stasioner, ada baiknya mobil dibawa ke bengkel resmi pabrikan yang rekomended.

Tags: bengkel mobil mesin mobil rpm mesin mobil

Related Post "Penyebab RPM Mesin Mobil Naik Turun Tidak Stasioner"

Pilihan Tipe Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Engine Spesifikasi Mesin Daihatsu
Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Kenali Karakter Mesin Berpendingin Udara Dan Liquid Cooled
#Radiator #Mesin #Pendingin Karakter Mesin Berpendingin Udara
Perkembangan Transmisi Otomatis Mobil (Mobil Matic)
#Matic #Otomotif #Mobil Transmisi Otomatis Mobil (Mobil
  1. author

    Dadan Bapa1 year agoReply

    Saya servise ke atuo 2000 thorle body d ganti tapi ac jadi ng nyala,terus ama teknisi d pasang lg yg lama ac nya nya lg apa penyebabnya nya mas as bingung

    • author

      apritos (Author)1 year agoReply

      Mobilnya apa om? Sepertinya kalau mobil berECU perlu di set dulu

  2. author

    axa1 year agoReply

    saya ada masalah dengan toyota agya, RPM tidak stabil kadang naik sendiri bisa di angka 2000 – 3000 rpm, itu terjadi saat mobil udah berjalan 15 atau 20 menit, dan biasanya ketauan kalo ga dinyalain ac, kalo nyala ac kadang dia normal tapi kadang2 walau dalm keadaan nyala ac tetep aja mesing ngeraung kaya nyagkut gas pada rpm 2000 – 3000, nanti kalo mesin dingin abis parkir normal lg, kira2 masalahnya di mana? kalo saya bersihkan kira2 pake pembersih merk apa? tapi sy gak tau posisi ISC dan Trotle Body agya gimana mau ngebersihinnya

    • author

      akbar6 months agoReply

      halo pak, bagaimana kondisi mobilnya sekarang?

      mobil saya ayla problemnya sama nih… solusiny bagaimana?

      thank you

      • author

        dedi5 months agoReply

        slam knal pak,
        mobil bapak harus di reset ecunya,bawa saja ke bengkel resminya.
        hal ini terjadii juga di daihatsu ayla, rpm kadang tertahan 2000 bahkan lebih

  3. author

    ramli1 year agoReply

    Saya mau tanya saya punya mobil unser matic,rpm nya hanya bisa 400 kalau sampai 600 pas masud D atau r dia lompat mobilnya, mohon penjelasan bos makasi

    • author

      apritos (Author)1 year agoReply

      bawa ke bengkel aja mas, nanti suruh cek ecu nya.. Sapa tau ada masalah di bagian limiter rpm

  4. author

    Maliq abd11 months agoReply

    Pada mobil g.vitara saya bila mesin dingin maka rpm akan naik turun. Stelah panas mesin kembali normal. Sy sdh melakukan pembersihan. Ganti busi, swist temperatur msh blum normal.. mohon masukanx.. trims..

  5. author

    wahyu10 months agoReply

    Kenapa ya maz mobil saya hyundai elantra kalo mesin panas gak ada stasioner nya sama sekali

  6. author

    solihin nata10 months agoReply

    Saya mau tanya mas…saya bngung dgn mobil saya avanza ini..
    Kalo jlan pelan trus d rem,rpm nya itu tiba” naik..dan ketika jalan dgn kcepatan 20km mobil itu rasanya jendul”,nyendat”,mengangguk-ngangguk mas..kira” itu apa pnyebabnya ya mas??
    Terima kasih

  7. author

    Budi Santoso8 months agoReply

    Tanya setelah ganti accu RPM mobil kijang LSX saya naik dari 800 ke 1200, kira2 yg harus saya perbaiki apa ya tks

  8. author

    ragilbarista7 months agoReply

    salam..saya mohon bantuan…saya pnya mbil colt t 2011 pick up injeksi..shabis trun mesin.gas mobil saya tinggi.dan tdk bisa turun pdhal stelan gas pd msin sudah saya turunkan..jika di bawa jalan..ketika berjalan..trus gas saya lepas pada posisi gigi masuk dan kopling saya injak..gas pada mbil saya turun naik..dan juga pada minyak terjadi pemborosan..mohon bantuannya para suhu sekalian..trimakasi.

  9. author

    zul7 months agoReply

    mas mobil saya rmpnya tidak stabil, biasanya klo mesin dingin terus kita hidupin rpmnya nembak s/d 3000, tp klo ac hidup rpm malah turun, sedangkan klo ac mati rpm naik, mobil jd lemah mas… klo hidup ac mobilnya bergetar… apa penyababnya mas

  10. author

    arif3 months agoReply

    kalau mobil dalam keadaan netral,berhenti.. trus diinjak gas,rpm malah turun dan mesin mati itu kenapa ya?

    sudah kebengkel resmi,berkali2,hanya dinaikkan setelan gas-nya aja.. tapi hanya brtahan sekitar 1bulan.. kemudian begitu lg,dan seolah2 stelan gas-nya turun lagi..

    orang bengkel resmi aja ga tau knapa.. mohon saran,trims

  11. author

    Haery4 weeks agoReply

    sy punya mobil toyota alnew 97 dan kalau di start ok bagus dgn rpm 1200 tapi kalau gas di naikan sampai 1500 aja gak mau naik lagi , ada yg tau gak kira2 masalah nya apa . Thanks

  12. author

    Yudi2 weeks agoReply

    Salam kenal mas…
    Mohon pencerahanny Mas…
    Mobil saya chevy aveo 2004
    Rpm kdng2 800,1200, 1500 silih berganti
    Sdh ganti ISC baru, g ada pengaruhnya
    Stlh scan pake OBD2, ada 1 mslh mas..
    Begini tulisannya
    # Vehicle test result-scanning (%1%)
    TID:S04 CID:S60
    High sensor voltage for switch time calculation
    Max: 0
    Current: 1800
    Not Ok X #
    Ini maksudnya apa y mas…
    Mohon pencerahannya mas…
    Terima kasih sebelumnya..

Leave a reply "Penyebab RPM Mesin Mobil Naik Turun Tidak Stasioner"