Cermati Bagian Mesin Mobil Yang Rewel Bermasalah

#MesinMobil #BengkelMobil #TipsOtomotif

Bagian Mesin Mobil Yang Rewel Bermasalah | Pengetahuan umum tentang mesin mobil sangatlah perlu. Walau tidak paham secara mendalam, paling tidak tahu sedikit cara kerja mesin mobil. Mengetahui bagian mesin mobil yang rewel bermasalah atau bagian mesin mobil rusak akan berguna untuk mengatasi bila mobil mogok di tengah jalan.

mesin mobil rusak

Selain itu, pengetahuan tentang bagian komponen mesin mobil yang sering bermasalah juga berguna untuk menangkal terhadap kecurangan bengkel mobil nakal dan membuat biaya perbaikan membengkak. Walaupun kalau mesin mobil rusak rewel dan bermasalah tidak dapat memperbaikinya sendiri, akan tetapi bisa tahu bagian mesin mobil yang rewel bermasalah.

Cara deteksi indikasi bagian mesin mobil rusak dengan mengetahui fungsi dari komponen bagian mesin itu sendiri. Untuk itu, setidaknya mengetahui fungsi dan indikasi kerusakan komponen mesin di bawah ini.

Distributor

Distributor berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Bila pendisribusian tenaga terganggu, maka kerja mesin tidak maksimal.

Koil

Koil berfungsi untuk membangkitkan listrik untuk busi. Koil yang rusak tidak akan mengeluarkan percikan api pada busi. Sedangkan koil yang lemah, percikan apinya berwarna merah. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian. Koil dan busi yang baik, mengeluarkan percikan api berwarna putih biru.

Busi

Busi yang aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Bila anda menemukan salah satu busi bermasalah anda wajib mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda. Busi yan baik, percikan api yang dihasilkan berada di tengah kepala busi dan berwarna putih biru.

Sistem injeksi

Sistem injeksi adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin. Sistem injeksi jarang rusak, namun sering kali akan rewel bermasalah bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.

Cara cek sistem injeksi mobil dengan mencoba langkah berikut:

  • Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
  • Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut)- Bila mesin terasa terbatuk; bahasa sehari-harinya “nge-brebet” kemungkinan besar injector anda kotor.

Jika sistem injeksi mengalami indikasi tidak beres, maka dapat diatasi dengan melakukan injector cleaning. Bisa dengan metode Ulrasonic atau Interject Service.

Perlu diketahui bahwa bensin premium lebih kotor dibandingkan pertamax dan pertamax plus. Maka mobil yang menggunakan bensin premium, sistem injeksinya cenderung lebih cepat kotor.

Karburator

Secara fungsi sama dengan injektor yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.

Setelan setting karburator

Ini bukan komponen, hanya settingan mainjet, pilot jet dan apung-apung karburator saja. Ini berhubungan dengan takaran bahan bakar yang masuk combusion chamber. Untuk mengetahui indikasi settingan yang tidak pas, dapat di lakukan dengan langkah sama dengan cara cek sistem injeksi mobil di atas.

Secara keseluruhan, bagian mesin mobil yang rewel bermasalah itu terletak pada sistem distribusi bahan bakar. Biasanya penyebab mesin mobil cepat rusak rewel bermasalah karena bahan bakar yang kotor dan settingan konsumsi BBM yang berubah atau kurang pas.

Tags: bengkel mobil mesin mobil tips otomotif

Related Post "Cermati Bagian Mesin Mobil Yang Rewel Bermasalah"

Pilihan Tipe Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Engine Spesifikasi Mesin Daihatsu
Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Kenali Karakter Mesin Berpendingin Udara Dan Liquid Cooled
#Radiator #Mesin #Pendingin Karakter Mesin Berpendingin Udara

Leave a reply "Cermati Bagian Mesin Mobil Yang Rewel Bermasalah"