Cara Mengatasi Bila Dibuntuti Mobil Lain

#SafetyCar #KejahatanJalanan #TipsJalanan

Dibuntuti Mobil | Berbagai karakter pengemudi dapat ditemui di jalan. Kadang tindakan kriminal juga terjadi dijalanan. Tindakan preventif saat berkendara di jalan layak untuk diketahui dan dipahami. Salah satu tindakan preventif adalah cara mengatasi bila dibuntuti mobil lain.

mobil dibuntuti

Bila dalam kondisi dibuntuti mobil lain, jangan sepelekan hal ini. Diduga, ada indikasi potensi terjadi bahaya. Apalagi bila terjadi di saat jalan sedang lengang terlalu jauh dengan kendaraan lainnya.

Bila menemui kondisi seperti ini, sebaiknya ikuti tips cara mengatasi bila dibuntuti lainnya pada topik bahasan ini. Disaat dibuntuti mobil, seringlah melihat atau memantau mobil yang membututi melalui kaca spion setiap 20 detik sekali. Dengan begitu, tanda-tanda membuntuti mobil akan dapat terbaca.

Kalau dilihat dari modus, ada beberapa alasan kenapa orang membuntuti mobil di depannya. Berikut ini adalah alasan orang membuntuti mobil di jalanan.

  1. Salah satu modus tindakan kriminal di jalanan adalah dengan membuntuti mobil. Dengan membuntuti, mereka akan mudah memantau dan menentukan waktu yang tepat untuk melancarkan aksi kriminalnya.
  2. Bila pengemudi mengantuk, maka cenderung akan mengikuti mobil di depannya. Biasanya bila mobil depan mengerem, maka akan ikut mengerem dan membelok saat mobil di depan belok. Ini kerap terjadi di jalan tol pada malam hari.
  3. Pengemudi tidak tahu medan jalanan. Saat pengemudi yang tidak hapal atau mengetahui kondisi medan jalanan, maka akan lebih cenderung mengikuti mobil di depannya. Ini biasa terjadi pada malam hari. Pengemudi mobil belakang pun tak perlu meraba jalan dan kondisinya dan mempercayakan jalanan pada pengemudi mobil di depannya.

Tiga alasan membuntuti mobil itu mempunyai tanda-tanda yang sama. Untuk membedakan dari ketiga alasan membuntuti mobil, perlu beberapa cara antisipasi. Bila tiga kondisi tersebut diatas terjadi, maka Cara mengatasi bila dibuntuti mobil lainnya dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Kurangi kecepatan mobil. Ada kemungkinan mobil dibelakang tidak bermaksud membuntuti, namun ingin menyalip mobil di depannya. Kurangi kecepatan mobil dan biarkan mobil belakang menyalip depan.
  2. Berpindah ke jalur sebelah kiri. Bila tetap tidak menyalip juga, berpindahlah ke jalur paling kiri. Bila mobil dibelakang tidak berniat membuntuti, pasti akan tetap melaju di jalurnya.
  3. Pikirkan rute kabur saat macet. Ini untuk antisipasi bahaya kriminalitas. Posisikan mobil di jalur paling pinggir dan beri jarak dengan mobil depan. Dengan begitu semisal ada bahaya, mobil masih memiliki ruang untuk bergerak dan tak terjebak di tengah kemacetan. Jangan lupa tutup jendela dan kunci pintu.
  4. Menepi di tempat aman. Bila cara mengatasi dibuntuti mobil lain diatas sudah dilakukan dan tetap saja di ikuti, maka menghentikan mobil sejenak ditempat yang aman. Carilah tempat ramai atau kantor polisi terdekat. Tunggu sampai mobil pembuntut hilang dari pandangan dulu, baru kemudian lanjutkan perjalanan. Jangan lupa tetap pantau spion apakah mobil tadi kembali membuntuti. Jika ya, segera saja berhenti di kantor polisi dan laporkan hal itu.

Tips cara mengatasi bila dibuntuti mobil lainnya di atas merupakan beberapa rangkuman dari pengalaman sesama pengemudi mobil dan artikel yang saya dapat di internet. Semoga, dengan berbagi tips cara mengatasi dibuntuti mobil lain ini bisa menambah wawasan bagi lainnya.

Tags: kriminal jalanan safety car tips jalanan

Related Post "Cara Mengatasi Bila Dibuntuti Mobil Lain"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Tips Merawat Power Steering Mobil
#TipsOtomotif #Mobil #DriveThru Merawat Power Steering |
Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan
#RemTangan #RemParkir #Drive Menggunakan Rem Parkir Atau
  1. author

    Lupa Nama2 years agoReply

    thanks gan tipsnya,
    bermanfaat,
    salam blogger, keep blogwalking, 🙂

Leave a reply "Cara Mengatasi Bila Dibuntuti Mobil Lain"