Tips Agar Kunci Kontak Tidak Cepat Rusak Longgar Dol

#KunciKontak #VariasiOtomotif #PengamanOtomotif

Kunci Kontak Tidak Cepat Rusak Longgar Dol | Saat motor masih baru turun dari dealer, kunci kontak motor masih terasa singset dan todal mudah copot atau longgar. Namun, seiring berjalannya waktu dan umur motor yang ditunggangi, biasanya kunci kontak motor akan terasa longgar dan mudah copot. Saya kira semua biker pernah mengalami itu.

kunci kontak motor supra

Kalau kunci kontak motor sudah longgar dan mudah lepas, serasa khawatir kalau kunci motor terjatuh di jalan. Kadang kala, beberapa pengendara akan mengaitkan kunci motor dengan tali gantungan kunci untuk mengantisipasi kunci motor tidak jatuh di tengah jalan. Jadi, kalau kunci motor jatuh maka masih tetap tersangkut oleh tali gantungan kunci motor.

Biasanya kunci kontak rusak yang dol alias longgar akan diikuti oleh rusaknya penutup lubang kunci kontak. Lubang penutup kunci ini berfungsi untuk menahan air agar tidak masuk ke lubang kunci kontak. Bila lubang kunci termasuki air, maka akan menimbulkan karat yang berakibat kunci kontak sulit di gerakkan. Mekanik di dalam kunci kontak macet karena karat.

Kunci kontak yang sudah dol alias rusak, bisa dilihat saat kunci kontak pada posisi ON, tapi kunci bisa di cabit atau ditarik dari kontak. Ciri-ciri kunci kontak yang baik masih bagus adalah pada saat posisi ON, kunci tidak bisa di cabut. Selain itu penutup lubang kunci kontak akan selalu tertutup bila saat kunci tidak dimasukkan dalam lubang kunci kontak.

Kadang masalah sepele seperti kunci kontak rusak, bisa berakibat terganggunya kenyamanan berkendara. Penyebab kunci kontak rusak itu di mulai dari kebiasaan disaat mengkontakkan motor. Sebenarnya, tips dan cara agar kunci kontak tidak cepat rusak longgar atau kunci kontak dol itu bisa dilakukan sehari-hari dan mudah. Berikut tips agar kunci kontak motor tidak cepat rusak longgar atau dol:

  • Biasakan tiga bulan sekali, kunci kontak dilumasi dengan oli  atau cairan pelumas atau semprot WD-40 contact cleaner. Hal ini berfungsi untuk melumasi mekanik di dalam kunci kontak. Agar mekanik kunci kontak tidak macet.
  • Jangan sampai lubang kunci kontak kemasukan air. Saat cuci motor atau kehujanan, itu kondisi yang perlu diperhatikan. Ciri-ciri kunci kontak yang baik, terdapat penutup lubang kunci yang bisa menahan air agar tidak masuk lubang kunci.
  • Jangan bebani kunci kontak dengan gantungan kunci yang terlalu berat. Ini biasanya terjadi pada anak ABG allay J
  • Masuk/cabut kunci dengan posisi yang pas, jika keras jangan dipaksa.
  • Hindari benda asing masuk pada lubang kunci, misalnya patahan benda.
  • Bila kunci kontak sudah longgar sudah dol, kaitkan dengan tali gantungan kunci. Ini bertujuan agar tidak jatuh di jalan bila saat berkendara.

Walaupun saya telah membiasakan tips dan cara agar kunci kontak tidak cepat rusak longgar dol, namun kunci kontak tetap saja longgar. Akan tetapi dengan perawatan kunci kontak di atas, kunci kontak motor saya lebih awet tidak cepat longgar dol.

Tags: kunci kontak motor mobil kunci kontak teraman kunci kontak variasi

Related Post "Tips Agar Kunci Kontak Tidak Cepat Rusak Longgar Dol"

Cegah Pencurian Dengan Alat Pengaman Mobil Tambahan
#AlatPengamanMobil #MobilAntiMaling #KeamananMobil Alat Pengaman Mobil Tambahan
Answer Back System, Memudahkan Cari Motor Saat Parkir
#FiturMotor #RemoteAlarmMotor #KunciMotor Answer Back System, Memudahkan

Leave a reply "Tips Agar Kunci Kontak Tidak Cepat Rusak Longgar Dol"