Cara Merawat V-belt Motor Matic

#MotorMatic #V-beltMatic #V-beltBando

V-belt Motor Matic | Sekarang ini penguna motor matic semakin bertambah. Tua muda, laki-laki perempuan pada memilih menunggan motor matic. Dari segi fleksiblitas dan kondisi jalan, motor matic memang memberikan kenyamanan lebih daripada yang motor perseneling manual.

v-belt matic

Pada motor matic tidak menggunakan rantai sebagai penggerak roda belakang layaknya motor transmisi manual. Motor matic menggunakan V-belt. Suku cadang V-belt ini juga bisa mengalami putus di tengah jalan bila kurang perawatan. Kalau dilihat dari material V-belt yang terbuat dari karet, maka lebih membutuhkan perhatian dalam perawatannya.

V-belt ini sangat penting pada motor matic. Dia penyalur putaran mesin ke roda motor. Fungsi V-belt bando motor matic sama dengan rantai pada motor biasa.

Bila mengalami V-belt putus ditengah jalan, maka udah apes itu. Harus dibawa ke bengkel. Kelayakan masa pakai V-belt itu juga dipengaruhi faktor usia V-belt. Selebihnya, human error akibat salah pemasangan. Biasanya pemasangan yang salah dengan arah terbalik akan mengakibatkan kerja V-belt kurang maksimal. Kerusakan pada V-belt dapat merebet ke suku cadang lainnya. Jika V-belt putus dapat merusak bagian pulley depan rumah roller.

Sebaiknya, saran saya adalah lakukan perawatann berkala pada motor matic. Khususnya V-belt bando. Jangan sampai V-belt bando putus ditengah perjalanan.

Cara perawatan V-belt motor matic adalah dengan melakukan rutin mengganti V-belt motor matic di bengkel resmi atau bisa berpatokan pada jarak kilometer yang telah ditempuh. Bila penggantian V-belt yang berpatokan pada jarak kilometer yang ditempuh, sebaiknya setiap 24.000km. Selain jarak tempuh kilometer, sebaiknya juga perhatikan pemakian motor matic dengan bobot muatan yang melebihi daya angkut. Daya angkut motor biasanya tertera dalam buku panduan. Bila pemakaian yang melebihi bobot data angkut, maka lakukan pengecekan V-belt secara berkala.

Selain cara merawat V-belt motor matic diatas, lakukan juga pemeriksaan fisik V-belt. Periksa terhadap keretakkan serat V-belt. Retak pada V-belt bisa dikarenakan kualitas V-belt sudah kadaluarsa, walaupun itu V-belt baru. Ingat, V-belt itu bermaterial karet yang mempunyai masa kadaluarsa kualitas selayaknya kadaluarsa ban. Maka dari itu, saya sarankan beli suku cadang V-belt yang orisinil keluaran pabrikan dengan masa produksi yang baru. Tanggal produksi V-belt belum terlalu lama.

V-belt memang sepele, tapi perlu perawatan khusus terhadapnya. Merawat motor matic itu gampang kok. Lakukan saja perawatan secara berkala. Untuk melepas V-belt motor matic, pilih mekanik dan bengkel otomotif yang cocok dan berkualitas. Tanyakan pada bengkel tentang kualitas V-belt. Perhatikan masa pergantian V-belt. Kalau ditanya soal harga V-belt motor matic, saya belum tahu. Kebetulan saya belum pernah ganti V-belt motor matic.

Tags: v-belt bando motor matic v-belt motor matic

Related Post "Cara Merawat V-belt Motor Matic"

Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Ini Dia Yang Sering Mengakibatkan CVT Matic Rusak
#CVTMatic #MotorMatic #KelemahanMatic Ini Dia Yang Sering

Leave a reply "Cara Merawat V-belt Motor Matic"