Ciri-Ciri Gejala Kampas Kopling Habis

#KampasKopling #Engine #BengkelOtomotif

Gejala Kampas Kopling Habis | Kampas kopling mempunyai usia pakai. Kampas kopling motor atau kampas kopling mobil memiliki tingat ausan. Kendaraan bertransmisi matic atau manual memakai kampas kopling.

Kampas kopling berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang dihasilkan, bila kampas kopling habis maka tidak ada tenaga yang tersalurkan. Bila kinerjanya mulai menurun, tentu transfer tenaga ke roda akan berkurang. Gejala kampas kopling habis. Resiko kampas kopling habis bisa menjadikan mesin boros BBM.

Kopling mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke transmisi perseneling. Jika pedal kopling ditekan/diinjak, tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari transmisi perseneling. Jika pedal kopling dilepas, gaya putar/torsi dari mesin ditransfer oleh transmisi perseneling ke roda penggerak.

Kampas kopling mempunyai usia masa pakai. Usia masa pakai kampas kopling bisa berdasarkan waktu atau usia kampas kopling berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Tergantung mana dulu yang di capai disertai faktor karakter pemakai kendaraan tersebut. Biasanya karakter berkendara itu bisa menjadi penyebab kampas kopling cepat habis. Hal tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi kampas kopling habis bisa.

Dalam kondisi normal, kampas kopling habis pada kisaran jarak tempuh 20.000 KM. Bila telah mencapai angka itu, maka gejala kampas kopling habis akan mulai tersa. Jika sudah muncul ciri-ciri kampas kopling habis, maka segera diganti saja. Bila tidak segera diganti, maka resiko kampas kopling habis maka tingkat keausan akan merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.

Cara mendeteksi kampas kopling habis ada banyak cara. Ciri-ciri kampas kopling habis bisa dengan mudah dirasakan. Berikut gejala kampas kopling habis:

Akselerasi mesin lemah

Jika kampas kopling habis, maka tidak bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan maka itu akselerasi menjadi lemah namun ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang. Misal kita mencapai kecepatan 100km/h saat kampas kopling masih tebal membutuhkan waktu 10 detik namun saat kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu 15 detik bahkan lebih.

Selip kopling

Gejala selip kopling akan sering timbul jika kampas kopling habis. Akan tetapi gejala ini juga bisa di sebabkan pemilihan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu lama digunakan.

Starter ringan atau ngelos

Hal ini terasa dikala cara menghidupkan motor menggunakan kick starter, saat melakukan ayunan di kick starter akan terasa ringan atau istilahnya kick starter ngelos dan motor sangat susah dihidupkan. Nah itu salah satu gejala kampas kopling aus.

Putaran mesin tinggi

Hal ini dikarenakan pengaruh akselerasi yang melemah dan kampas mulai licin motor sehingga menjadi mesin berputaran tinggi walau kecepatannya standar. Contoh saat kampas kopling masih tebal mendapatkan kecepatan 40 km/h membutuhkan putaran mesin 5000 rpm, namun saat kapas mulai aus untuk mendapatkan kecepatan tersebut membutuhkan puratan 8500 rpm.

Perpindahan gigi perseneling

Gejala kampas kopling habis ini bisa dirasakan saat pengendara mengganti perseneling bukannya tenaga yang keluar namun hanya suara raungan motor.

Tenaga mesin berkurang

Cara deteksi kampas kopling habis pada tingkat keausan yaitu coba masukan ke perseneling 4 atau 3 tahan lalu tarik gas secara spontan,  jika mengalami kenaikan kecepatan yang pas bearti masih bagus, kalau sudah aus rpm semakin tinggi namun kecepatannya masih rendah .

Lepas kopling

Bila pada kondisi melepas tuas kopling (pada motor transimisi manual) dan mesin tidak mati kemungkinan besar kampas kopling sudah aus.

Saran saya, bila memasang kampas kopling baru, maka basahi dulu kampas kopling tersebut dengan oli. Jika kampas kopling tidak dibasahi oli, maka disaat motor dihidupkan pertama kali, aliran oli dirumah kopling belum bisa membasahi kampas kopling seleruhnya. Apabila kampas kopling masih kering, maka gesekan yang terjadi akan mengikis ketebalan kampas kopling walaupun hanya sedikit.

Tags: bengkel mobil bengkel motor cara deteksi kampas kopling aus habis gejala kampas kopling aus habis info otomotif Kampas kopling motor mobil penyebab kampas kopling cepat aus habis

Related Post "Ciri-Ciri Gejala Kampas Kopling Habis"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. Mengatasi Tarikan Kopling Motor Keras Dan Berat2 years agoReply

    […] tarikan kopling motor terasa keras dan berat akibat (setelah) mengubah settingan per kopling dan sebagainya, maka cara […]

  2. Tips Memilih Kampas Kopling Motor Terbaik2 years agoReply

    […] Harga kampas kopling rockwoll Satria FU150 dan Jupiter Z berkisar 200 ribu. Sedangkan untuk Jupiter MX dan Supra X125 berkisar 165 ribu. Namun, kampas kopling rockwoll belum tersedia untuk jenis motor sport. Belum semua merk dan tipe kendaraan bermotor tersedia sparepart komponen kampas kopling rockwoll. […]

  3. author

    soneta cintaku1 year agoReply

    dengerin soneta yach..sambil bongkar kopling..asseeekkk

  4. author

    martinus9 months agoReply

    trimakasih infonya.. Sangat bermanfaat bagi saya.. 🙂

  5. author

    Billy Kalandra Dewantoro6 months agoReply

    Permisi numpang tanya, motor saya suzuki shogun fd 100
    saya tanya di bengkel resmi suzuki, katanya kalo ganti kampas kopling suzuki shogun fd100 bisa sampai harga 450rb nan,apakah itu harga yang wajar ?
    terima kasih

    • author

      apritos (Author)6 months agoReply

      setau saya, harganya yg ori memang sgitu. Dulu temen saya nanya di bengkel resmi juga di kasih harga sgitu. Lebih komplitnya di cel online aja di sini http://s.id/hargasuzuki

Leave a reply "Ciri-Ciri Gejala Kampas Kopling Habis"