Tidak Semua Velg CW Cocok Di Pasang Ban Tubeless (a.k.a Velg Tubeless)

Tidak Semua Velg CW Cocok Di Pasang Ban Tubeless (a.k.a Velg Tubeless) | Demi Safety riding, jika ingin memasang ban tubeless jangan harus menggunakan velg tubeless. Jangan memakai velg CW bawaan pabrikan motor untuk dipasang ban tubeless.

Ban tubeless memang lebih praktis, tidak membutuhkan ban dalam. Ketika ban bocor akibat kena ranjau paku, maka ban yang tertusuk paku tidak langsung kempis.

Itu karena ada lapisan bagian dalam yang berlaku seperti ban dalam, yang berbahan semacam butil. Bagian yang lentur tersebut akan melingkupi bagian yang tertusuk dan menahan angin ban tak terbuang.

tanda velg tubeless

Selain itu, karena tanpa ban dalam, ban cenderung tidak panas, akibat saat ban berputar, bagian dalam tidak begesekan dengan ban dalam.

Tetapi penggunaan ban tubeless butuh velg khusus, yang biasanya bertipe cast atau umum disebut velg racing tubeless. Sebab pada velg khusus tubeles tersebut ada bagian yang disebut safety lip, yang akan menahan bead atau bibir ban. Fungsinya agar bibir ban tak mudah bergeser pada kondisi ekstrem sekalipun. Dan safety lip membuat bagian bead ban yang menempel pada pelek lebih luas. Sehingga angin ban tak mudah merembes atau bocor.

Ciri-ciri velg tubeless biasanya di tandai dengan adanya tulisan “tubeless” di salah satu spoke jatinya.

ciri velg tubeless

Dan harus diketahui juga kalau tidak semua velg CW bawaan pabrikan motor bisa dipasangi ban tubeless. Ciri-ciri velg CW yang bisa dipasangi ban tubeless adalah ada sedikit coakan di sisi dalam velg (safety lip). Coakan itu berfungsi untuk mengunci ban ke velg agar ban tidak terlepas (bergeser yang menyebabkan angin keluar ) dari velg ketika membawa beban berat ataupun kecepatan tinggi.

Walaupun demikian, penggunaan ban tubeless pada velg racing biasa atau velg CW masih bisa memungkinkan, selama sepeda motor tidak digunakan untuk penggunaan ekstrem. Contohnya untuk off-road, beban berat, melalui jalanan rusak atau tekanan angin ban kurang.

Sangat lucu kan, bila saat motor dibawa cornering dengan kecepatan tinggi tiba-tiba saja posisi ban bergeser sehingga menyebabkan ban tubeless kehilangan angin. Walau kejadian ini jarang sekali, tapi ini memungkinkan terjadi. Baca juga artikel ini Pilih Ban Tubeless Atau Ban Dalam Tubetype Biasa

Tags: ban motor bengkel motor info otomotif modifikasi motor modifikasi otomotif spesifikasi ban tips otomotif

Related Post "Tidak Semua Velg CW Cocok Di Pasang Ban Tubeless (a.k.a Velg Tubeless)"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Tidak Semua Velg CW Cocok Di Pasang Ban Tubeless (a.k.a Velg Tubeless)"