Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan

#RemTangan #RemParkir #Drive

Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan | Kita mungkin tidak menyadari, sudah berapa kali menggunakan rem tangan/rem parkir selama berkendara. Kita juga tidak mengingat kapan terakhir kali memarkir kendaraan yang secara otomatis menuntut penggunaan rem parkir.

rem tangan

Rem parkir atau rem tangan begitu penting, baik untuk kenyamanan maupun untuk keselamatan. Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa komponen tersebut juga patut dijaga agar berfungsi sebagaimana mestinya. Penggunaan yang bijak menjadi salah satu cara sederhana agar komponen rem tersebut bekerja maksimal.

Penggunaan rem tangan akan terasa nyaman jika didukung dengan posisi duduk yang tepat. Oleh karena itu, selama berkendara aturlah jok tempat mengemudi  agar tidak terlalu jauh dan dekat. Duduk dengan posisi di dekat lingkar kemudi, selain membuat tubuh cepat letih, mengurangi kenyamanan saat menggunakan rem tangan.

Baca juga : Tips Bagi Yang Parkir Mobil Di Depan Rumah

Agar sistem rem tangan memiliki usia pakai yang panjang, hindari menarik tuas rem tangan secara penuh. Walaupun kabel rem tangan bersifat elastis, tariklah tuas rem tangan seperlunya saja hingga mobil tidak bergerak. Selain menjaga usia kabel rem, menarik tuas rem secukupnya akan memudahkan kita ketika rem tersebut dilepas.

Saat ingin mengaktifkan rem parkir, tombol release tetap perlu ditekan. Hal ini agar kondisi gear tetap terjaga dan tahan lama. Gear yang terjaga dalam kondisi prima dapat membantu pengemudi saat kendaraan mengalami rem blong.

Selain itu, jila tidak menggunakan kendaraan dalam waktu lama, bila memungkinkan jangan gunakan rem parkir, terlebih mobil dalam kondisi basah atau selesai dicuci. Penggunaan rem parkir saat brake pad dan brake shoe masih basah akan membuat piringan atau tromol menjadi berkarat.

Dan saran juga, bila ingin meninggalkan mobi di garasi dalam waktu 3 hari atau lebih, sebaiknya cukup arahkan tuas pada posisi “P” jika menggunakan transmisi otomatis. Jika menggunakan transmisi manual, ambillah ganjal balok kayu dan letakkan di keempat ban mobil tersebut untuk menahan bodi mobil agar tidak mudah bergerak.

Rawatlah rem tangan secara berkala dengan cara membawa mobil ke bengkel tepercaya untuk segera dilakukan pembersihan pada rem dan piringan. Kotoran yang menempel pada sistem pengereman dapat menggores piringan sehingga daya cengkraman rem kurang maksimal.

Tags: jenis rem parkir mobil safety car tips jalanan tips otomotif

Related Post "Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Saatnya Bijak Menggunakan Rem Parkir Atau Rem Tangan"