Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban

#Modifikasi #VelgMobil #AfterMarket

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban | Ingat, kalau komponen yang bersinggungan langsung dengan ban ini, mampu mendongkrak penampilan mobil. Mungkin, ini jadi alasan bagi banyak orang mengganti velg ban mobil agar lebih mobil tampil  memukau.  Ada yang berpendapat juga kalau velg mobil ini bisa menjadi gambaran status pemilik mobilnya.

pilih velg ban

Tidaklah salah mengganti velg asli dengan velg aftermarket yang banyak dijual di pasaran, dengan catatan tetap harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan.

Diameter dan lebar velg, jumlah lubang baut, serta offset (ET) patut diperhatikan karena amat mempengaruhi performa kendaraan dan keselamatan berkendara. Jangan sampai alih-alih ingin tmpil haya malah mendatangkan bahaya di jalan raya karena kehilangan stabilitas.

Sebelum melakukan modifikasi velg mobil, langkah awal yang perlu diketahui adalah latar belakang dari penggantian komponen tersebut. Setelah itu, ketahui lebih detail mengenai spesifikasi mobil yang akan dimodifikasi  velgnya. Termasuk juga detail batasan-batasan yang dijadikan panduan dalam modifikasi velg mobil.

Memilih model, bobot dan dimensi velg

Terkait penampilan, pemilihan model velg dipengaruhi jenis mobil. Jika ingin ganti velg city car, hendaknya menggunakan velg berpalang sedikit. Hal ini untuk mendapatkan bobot velg yang lebih ringan tanpa mengorbankan performa kendaraan. Sementara itu, jika mobil dengan cc besar, bisa dengan leluasa memilih jenis velg, mulai dari palang tebal, jenis piring hingga jari-jari.

Baca juga : Modifikasi Velg Dan Ban Mobil Dengan Tampilan Ideal

Karena dimensi dan bentuk palang mempengaruhi bobot velg, pilihlah merek yang menawarkan material lebih ringan. Ini bertujuan untuk mendapatkan model yang sesuai keinginan tetapi dengan bobot yang ringan. Namun, patut diketahui bahwa velg kuat dengan bobot ringan memiliki harga yang lebih mahal.

Lebar velg juga berdampak pada kenyamanan berkendara karena turut menentukan area cengkraman ban terhadap permukaan jalan. Mengganti velg dengan lebar yang berlebihan akan mengurangi performa kendaraan karena luas ban yang bergesekan dengan permukaan jalan semakin luas.

Memperhatikan nilai offset (ET) juga patut dilakukan agar mendapatkan kenyamanan berkendara. Nilai ini merupakan angka yang menunjukkan seberapa menjorok permukaan tengah velg terhadap ring luar velg. Semakin kecil angkanya, maka velg akan makin celong ke dalam dan bibir luar velg terlihat keluar dari batas bodi mobil.

Tags: ban mobil modifikasi mobil modifikasi otomotif tips otomotif

Related Post "Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban"

Mungkin Ini Alasan Modifikasi Motor Yang Dilakukan Para Biker
#Modifikasi #Motor #Otomotif Modifikasi Motor | FYI,
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Velg Ban"