Tips Mencegah Kampas Rem Cepat Habis Pada Mobil Matic

#Suzuki #MobilMatic #TipsOtomotif

Mencegah Kampas Rem Cepat Habis Pada Mobil Matic | Problem umum transmisi otomatis (mobil matic), baik konvensional maupun AMT adalah bila pengemudi keenakan melaju pada posisi “D”. Tugas pengemudi makin praktis, hanya memutar setir, mengontrol pedal gas dan rem secara bergantian.

kanvas rem habis

Korban utama dari kebiasaan tersebut adalah kampas rem cepat habis. Ini salah satu penyakit mobil matic yang umum terjadi. Komponen rem yang berada di roda juga jadi panas dan tentu saja bisa memperpendek umur pakainya. Misalnya seal rem.

Penggunaan rem secara berlebihan paling sering terjasi ketika berada di turunan panjang, agak tajam dan macet pula. Gampangnya, pengemudi hanya mengandalkan rem untuk memperlambat laju atau menghentikan kendaraan. Selain kampas yang akan cepat habis, bisa mengakibatkan lampu rem cepat putus karena harus sering “mati-hidup”.

Baca juga : Tips Cara Mengatasi Untuk Menghentikan Mobil Rem Blong

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi. Ini ada beberapa tips mencegah kampas rem cepat habis pada mobil matic. Agar kampas rem tidak cepat habis, maka manfaatkanlah engine breake. Ini cara ampuh. Cara melakukan engine brake  adalah gunakan gigi rendah (misal D2).

Misalkan melakukan engine brake pada mobil Suzuki Karimun WagonR AGS. Pada AGS, cara terbaik adalah pindah ke “M”, yaitu 3 atau 2 (tergantung situasi). Si pengemudi hanya memainkan tuas transmisi.

Sedangkan pada kondisi lain, misalnya saat berhenti di tanjakan. Nyata di jalan, banya ditemui pengemudi mengandalkan rem kaki (lampu rem hidup) atau pedal gas untuk mencegah mobil mundur. Namun, cara terbaik dan aman adalah dengan menggunakan rem tangan. Bila terlalu sering mengandalkan rem kaki, lampu rem akan cepat putus. Di lain hal, bila mengandalkan pedal gas, akan berefek boros BBM, komponen transmisi akan cepat habis (biasanya bagian yang bergerak atau kopling).

Bila pada mobil Suzuki Karimun WagonR AGS, saat berhenti di tanjakan cukup lama bisa memanfaatkan rem tangan dan tempatkan transmisi di “N”. Jangan pernah mempraktekkan gaya balap atau reli dengan menekan pedal rem dan gas secara bersamaan.

Baca juga : Answer Back System, Memudahkan Cari Motor Saat Parkir

Selain itu, jika akan memakirkan mobil matic dengan posisi menanjak, pengemudi bisa memilih tuas transmisi pada posisi “D” atau “M”. Di tempat parkir datar, bisa aja kemungkinan mobil didorong , maka tempatkanah tuas transmisi di posisi “N” dengan tanpa mengaktifkan rem tangan.

Tags: jenis rem mengemudi mobil mengendarai mobil mobil matic tips jalanan tips otomotif

Related Post "Tips Mencegah Kampas Rem Cepat Habis Pada Mobil Matic"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Tips Mencegah Kampas Rem Cepat Habis Pada Mobil Matic"