Tips Irit BBM Dan Ramah Lingkungan

#GoGreen #MobilIrit #RamahLingkungan

Irit BBM Dan Ramah Lingkungan | Harga bensin yang naik terusa menyebabkan sebagian orang selalu memikirkan biaya operasional mobil. Apalagi saat ini muncul jenis BB terbaru, yaitu pertalite.

harga BBM

Saat harga BBM semakin naik, tips tentang cara mengirit atau efisiensi bahan bakar jadi menarik perhatian. Selain itu, harus tahu pula bahwa ada dampak terhadap lingkungan dari pemakaian bahan bakar minyak dari mobil yang berseliweran di jalan raya, yaitu polusi. Bisa juga dikatakan bahwa kondisi seperti sekarang ini, panas dan berdebu adalah bagian dari akibat polusi tersebut.

Baca juga : Siasati BBM Naik Dengan Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

Nah, bila ingin berpartisipasi mengurangi polusi udara, sebaiknya pemakai mobil mengikuti tips irit BBM dan ramah lingkungan berikut ini.

  1. Jangan memuat barang yang tidak perlu dalam mobil. Setiap 100 kg muatan akan mengurangi efisiensi dampai 6% untuk sedang menengah.
  2. Bentuk dan kelengkapan eksternal sangat sensitif terhadap gesekan udara. Contohnya, mobil yang masih dipasangi dengan roof rack akan menyebabkan efisiensi turun sampai 20%. Karena itu, bila tidak diperlukan sebaiknya dilepas. Kecuali kalau mempertimbangkan ingin tampil gaya dan beda.
  3. Jagalah tekanan ban sesuai yang direkomendasikan pabrik mobil dan ban. Jika tekanan ban berkurang sampai 50 kPa (0,5 bar = 7,25 psi) dari yang direkomendasikan, efisiensi konsumsi BBM menurun sampai 6% di saat meluncur di kota dan 4% di jalan tol.
  4. Udara yang digunakan sebagai pengisi ban juga sensitif terhadap suhu. Bila diisi siang hari, suhu panas akan naik, pada pagi hari dipastikan turun. Karena itu, isilah atau periksa tekanan ban di saat dingin. Bila perlu, isilah ban dengan nitrogen yang sifatnya lebih stabil dibandingkan dengabn udara biasa.
  5. Bersyukur kalau mobil dilengkapi dengan auto start-stop. Bila tidak, netralkan transmisi saat berhenti dan gunakan rem tangan. Jika mobil berhenti 1 menit (mesin terus hidup), BBM yang dihabiskan sama ketika menghidupkan (start) mesin pada pagi hari. Berhenti 10 menit akan menghabiskan bensin sekitar 130cc.
  6. Berakselerasilah secara bertahap. Berakselerasi sampai 20 Km/Jam dalam lima detik akan mengirit bahan bakar sekitar 11%.
  7. Hindari rem mendadak. Karena itu, selalu konsentrasi dan memantau kondisi sekeliling mobil, khusunya saat mobil melaju kencang seperti konvoi.
  8. Manfaatkan engine brake atau mengurangi tekanan pedal gas untuk memperlambat laju (tidak menggunakan rem), bisa mengirit 2%. Majulah dengan putaran mesin serendah mungkin. Baca juga artikel tentang Cara Engine Brake Mobil Matic.

Tags: mengemudi cara eco driving mengemudi mobil mengendarai mobil teknik eco driving tips jalanan tips otomotif

Related Post "Tips Irit BBM Dan Ramah Lingkungan"

Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Tips Irit BBM Dan Ramah Lingkungan"