Khusus Motor 2 Tak, Ini Cara Kerja YEIS Dan Super KIPS

#YEIS #KIPS #Yamaha #Kawasaki

Cara Kerja YEIS Dan Super KIPS | Sampai sekarang, motor 2 tak masih banyak penggemarnya. Tarikan awal mesin 2 tak memang teak tertandingi. Contoh motor 2 tak yang menjadi legenda adalah Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja.

hsas kawasaki

Kedua primadona motor 2 tak tersebut telah memakai teknologi YEIS (Yamaha Energy Induction System) dan KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve system) untuk mendongkrak tenaga mesinnya.

Cara kerja YEIS (Yamaha Energy Induction System)

Pada motor RX king ada sebuah tabung plastik dibawah tangki yang dihubungkan dengan selang ke reed valve. Tabung ini berguna untuk menampung campuran gas baru. Jadi waktu reed valve terbuka, campuran gas baru dari karburator masuk ke dalam ruang bakar. Sesaat di waktu reed valve tertutup, akan mengakibatkan campuran gas baru yang telah terlanjur keluar dari karburator, tertahan diantara reed valve serta karburator. Karenanya ada tabung YEIS ini, maka campuran gas baru yang tersisa ini, dialirkan utk disimpan didalam tabung.

Proses ini akan berlanjut terus dan menjadi siklus. Sampai pada saat memerlukan akselerasi tinggi dan menarik handle gas semakin besar lagi, kevakuman menjadi lebih tinggi, serta campuran gas baru yg masuk tidak cuma dari karburator, namun disemprotkan juga dari tabung YEIS.

Baca juga : Ini Dia Pengalaman Mengenal Macam-Macam Karakter Motor

Tips merawat YEIS adalah jangan mengganti selang atau dudukan tabung YEIS. Karena akan mengakibatkan kerja tabung YEIS terganggu. Teknologi inilah yang membuat RX King mempunyai tingkat responsif dan akselerasi yang tinggi.

Cara kerja super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve system)

Super KIPS merupakan sistem pengaturan tutup buka pada lubang pembuangan yang menggunakan katup. Super KIPS ini berguna agar pembuangan gas dari sisa pembakaran pada RPM tinggi mampu berjalan lebih prima (katup buka), sebaliknya juga jika pada RPM rendah bakal menjauhi terbuangnya campuran bensin-udara yg baru masuk ke ruang bakar dari karter (katup tutup). Katup ini bakal berperan buka pada waktu RPM di atas 7000 sampai 8500.

Pada RPM dibawah 7000, maka katup KIPS akan tertutup. Pada RPM 7000 hingga 8500, maka katup KIPS akan terbuka. Super KIPS ini mampu membuat tenaga lebih stabil di putaran bawah maupun di putaran atas.

Tags: info otomotif kamus otomotif konstruksi mesin mesin motor review motor

Related Post "Khusus Motor 2 Tak, Ini Cara Kerja YEIS Dan Super KIPS"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Khusus Motor 2 Tak, Ini Cara Kerja YEIS Dan Super KIPS"