Mengenal Cara Kerja ACG Starter Honda

#ACGStater #HondaMatic #StarterHonda

Cara Kerja ACG Starter Honda | Motor Honda matic keluaran terbaru sudah mengaplikasi teknologi AGC stater. Dengan teknologi ini, saat starter mesin tidak akan ada hentakan dan bunyi seperti pada motor umumnya.

komponen acg starter

Teknologi AGC starter ini membuat mesin terasa silent dan halus ketika di nyalakan. Contoh motor yang sudah teraplikasi fitur ini adalah Honda Vario 125 FI.

Cara kerja ACG starter Honda

Pada teknologi ACG starter tidak menggunakan dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya. Karena tidak menggunakan dinamo starter dan sistem mekanisme gigi starter, maka tidak ada suara kasar akibat gesekan antar komponen.

Pada prinsipnya, cara kerja ACG starter ini sama dengan cara kerja alternator pada umumnya. Cuma bedanya, pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin.

Baca juga : Teknologi ACG Starter Honda (Alternating Current Generator)

AGC starter ini menggunakan prinsip medan magnet. Sistem ACG starter ini semacam 2 in 1. Dalam AGC starter ini berguna untuk starter mesin yang sekaligus juga berguna untuk sistem pengisian aki.

Alternator pada teknologi ACG starter memiliki 12 kutub magnet permanen yang terdapat di fly wheel. Juga memiliki 18 kumparan yang memiliki kutub magnet non permanen atau magnet tidak tetap. 18 kumparan ini dibagi menjadi 3 bagian yang berbeda.

Ketika tombol starter ditekan, arus listik akan mengalir ke FET circuit di Electronic Contol Module (ECM) yang membagi arus listik untuk masuk ke 3 bagian dalam kumparan tadi. Saat itu, terbentuklan medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak. Ketika flywheel berputar, otomatis memutar kruk as dan membuat piston naik turun menghidupkan mesin. Setelah mesin hidup, aliran listik ke kumparan diputus. Fungsinya kembali menjadi alternator yang menghasilkan arus listik untuk disimpan ke aki.

Tags: honda info otomotif kamus otomotif mesin motor sistem kelistrikan motor

Related Post "Mengenal Cara Kerja ACG Starter Honda"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Mengenal Cara Kerja ACG Starter Honda"