Lebih Mengenal Jenis Model dan Tipe Helm

#Helm #SafetyApparel #Otomotif

Jenis Model Tipe Helm | Helm sangat penting bagi pengendara sepeda motor. Helm merupakan peralatan safety. Pemakaian helm pun wajib hukumnya bagi pengendara sepeda motor.

helm full face cewek

Perlengkapan safety helm motor ini berguna untuk melindungi bagian kepala pengendara. Helm sebagai peralatan safety, bisa juga digunakan sebagai asesoris penambah gaya di pengendara. Banyak macam dan jenis helm dengan model yang cukup menarik. Warna dan bentuk aerodinamika helm pun banyak modelnya.

Model dan tipe helm motor

Helm Cetok. Disebut juga shorty helm. Bentuknya seperti topi. Gelm cetok hanya melindungi bagian atas kepala. Bagian telinga tidak terlindungi sehingga cenderung menimbulkan noise pendengaran ketika berkendara. Kelebihannya mudah disimpan karena bentuknya praktis. Tetapi saat ini sudah jarang digunakan karena termasuk jenis helm yang bakal kena tilang ketika digunakan di jalan serta tidak berstandar SNI.

Helm Half Face. Dsebut juga dengan helm open face. Perlindungan helm ini lebih baik daripada helm cetok, tetapi tidak melindungi dengan baik bagian muka, dagu, hidung, leher, dan mata. Helm jenis ini tidak dilengkapi dengan kaca pelindung, sehingga pengendara masih mudah terkena air hujan, debu, serangga, atau kerikil sepanjang perjalanan.

Helm 3/4 Modular Helmet. Bisa dikatakan ini jenis helm yang cukup aman karena telah dilengkapi kaca pelindung bagian depan. Tetapi jenis 3/4 modular helmet masih semi terbuka, masih kurang aman untuk bagian muka, dagu, dan gigi. Helm jenis ini saat ini paling banyak digunakan. Dan umumnya sudah berstandar SNI. Praktis dan aman digunakan untuk jarak dekat di dalam kota, tetapi masih kurang memadai untuk perjalanan luar kota atau untuk turing.

Helm Full Face. Bagian dagu terlindungi dengan baik, dan dianggap sebagai helm yang paling aman untuk pengendara motor. Helm jenis full face tertutup rapat, sehingga sulit untuk mendengar suara di sekelilingnya. Sangat tepat digunakan untuk pengendara jarak jauh. Bagi pengendara yang berkacamata, helm full face cukup kurang begitu bersahabat untuk dipakai.

Helm Flip up. Sama dengan helm full face, tetapi bagian dagu menyatu dengan bagian depan yang bisa diputar ke atas (flip up) sehingga memudahkan jika pengendara ingin minum atau makan di tengah jalan. Helm ini juga tergolong sebagai helm yang aman. Harga helm jenis flip up tergolong paling mahal dibandingkan dengan harga helm tipe sebelumnya.

Untuk di Indonesia sendiri, helm yang dipakai harus berstandar SNI. Sedangkan dipasaran, banyak juga bertebaran helm dengan standar DOT. Semua jenis standar tersebut layak pakai dan safety semua. Cuma bedanya kalau DOT itu standar Amerika sedangkan SNI itu standar Indonesia.

Tags: aksesoris motor info otomotif kamus otomotif safety riding

Related Post "Lebih Mengenal Jenis Model dan Tipe Helm"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Lebih Mengenal Jenis Model dan Tipe Helm"