Mengenal Understeer Oversteer Dan Cara Mengatasinya

adsense-fallback

#HandlingMobil #TipsOtomotif #Otomotif

Understeer Oversteer Dan Cara Mengatasinya | Handling mobil yang baik sangat diperlukan oleh pengemudi mobil. Kendali setir mobil senatural mungkin. Maksudnya adalah pengemudi harus mendapatkan kendali atas understeer dan oversteer.

adsense-fallback

Gejala understeer bisa terasa ketika ban depan terlalu nge-grip ke arah tikungan sebelah dalam. Sedangkan oversteer adalah gejala ketika bagian belakang mobil menyalip moncong mobil seperti kondisi ketika mobil sedang nge-drift.

Bagi pengemudi yang profesional, hal ini bisa di atasi, Namun bagi pengemudi pada umumnya, hal ini tidak bisa di atasi. Sangat susah rasanya bisa mengendalikan handling mobil dalam understeer dan oversteer secara bersamaan.

Cara mengatasi understeer dan oversteer mobil adalah dengan mengatur tingkat kekerasan per dan anti roll bar dan pastikan juga ukuran sekaligus tekanan udara ban telah sesuai. Yang terakhir atur tingkat kekerasan sokbreker.

Cara milih ban agar tidak understeer dan oversteer adalah ukuran ban belakang lebih lebar (paling tidak satu grade di atasnya) dibandingkan ban depan. Terutama untuk mobil dengan penggerak roda belakang.

Sedangkan mengatasi understeer dan oversteer mobil modifikasi kekerasan per akan menciptakan kestabilan kendaraan baik saat menikung ataupun flat road sperti jalan tol.

adsense-fallback