Penggunaan Electric Power Steering Mobil Makin Diminati

adsense-fallback

#Otomotif #MobilListrik #PowerSteering

Electric Power Steering Mobil | Banyak perusahaan otomotif yang mulai melirik untuk menggunakan electric power steering di mobil keluarannya. Penggunaan electric power steering (power steering elektrik) meningkat seiring dengan dikembangkannya mobil yang hemat bahan bakar.

adsense-fallback

Biasanya, electric power steering digunakan oleh kendaraan yang berukuran besar. Akan tetapi, semakin ke kini penggunaan electric power steering semakin marak di mobil jenis premium.

Cara kerja electric power steering tidak menggunakan tenaga hidrolik. Sistem kerja power steering elektrik digerakkan oleh sebuah motor yang bekerja membelokkan arah roda sesuai sinyal yang diterimanya dari roda kemudi.

Walaupun saat ini power steering sistem hidrolik masih mendominasi pada mobil-mobil di jalanan, akan tetapi lambat laun akan mulai bergeser menggunakan electric power steering. Secara global, power steering elektrik akan menjadi pilihan utama system aplikasi steering.

Keuntungan menggunakan power steering mobil jenis adalah bisa menghemat bahan bakar, karena sistem ini tidak menyedot tenaga mesin seperti pada sistem power steering hidrolik. Pada sistem power steering hidrolik sebuah belt akan menyalurkan tenaga dari mesin untuk menggerakkan pompa hidrrolik agar tekanannya terjaga selalu stabil.

Di beberapa negara maju, penjualan mobil dengan electric power steering semakin meningkat di setiap tahunnya. Para pembuat mobil lebih menyukai untuk menggunakan jenis power steering elektrik dikarenakan mampu mengurangi beban pada mesin. Ini menjadikan mobil lebih hemat bahan bakar.

Kelemahan power steering elektrikĀ ini adalah harganya relatif lebih mahal dibanding hidrolik. Sedangkan keunggulan electric power steering antara lain system ini bisa merespon lebih cepat dan akurat terhadap sinyal yang diterimanya.

adsense-fallback