Pengen Freestyle? Ini Dia Cara Melakukan Standing Motor

#FreestyleMotor #StandingMotor #TrikMotor

Freestyle Standing Motor | Pernah liat orang yang melakukan atraksi freestyle dengan mengangkat ban depan motor? Nah itu namanya standing motor. Cukup keren kan? Asalkan berani, semua orang bisa melakukannya.

atraksi standing motor

Mengangkat ban depan motor bisa dilakukan dengan cara menaikkan putaran mesin secara tiba-tiba. Putaran mesin yang menghentak ini akan mengakibatkan ban belakang berputar lebih cepat dan ban depan motor pun akan mengangkat dengan sendirinya.

Standing pada motor ini lumayan butuh area yang luas dan sepi untuk melakukannya. Ini demi keamanan dan keselamatan. Tidak rekomendasikan melakukan standing motor di jalan raya yang rame.

Selain itu, juga butuh beberapa persiapan untuk sebelum melakukan standing motor. Salah satu persiapannya adalah kondisi motor harus dalam keadaan optimal. Saat melakukan, selalu gunakan perlengkapan standar safety berkendara pada motor. Seperti helm standar, celana tebal dan jaket agar anda terhindar dari luka jika anda gagal dalam melakukan standing.

Cara melakukan standing motor dimulai dari berhenti

Agar mudah menjaga keseimbangan saat melakukannya, sebaiknya bensin dalan tangki jangan terlalu penuh dan duduk di posisi jok belakang. Pertama-tama, gigi persneling dalam keadaan netral, lalu tarik tuas rem depan. Masukan gigi persneling ke posisi 1, lalu tahan dan jangan dilepas dahulu pijakan kakinya atau tekan kopling (bagi motor transmisi manual).

Tarik tuas gas perlahan dan begitu mencapai 6000 RPM lalu lepas gigi persnelingnya. Saat ban depan motor mengangkat jangan lupa untuk memainkan gas agar motor tetap dalam keadaan standing.

Pada motor yang tidak ada indicator RPM meter, bisa memperkirakannya melalui suara putaran mesin motor.

Jika ban depan motor telah mengangkat cukup tinggi, cukup tahan tarikan gas dan jangan tarik tuas gas lagi.

Terus bagaimana cara menurunkan ban depannya? Agar ban depan bisa turun dengan aman, caranya adalah dengan mengiinjak pedal rem belakang sedikit demi sedikit dan jangan langsung menginjak habis pedal rem untuk menghindari motor terjatuh. Sembari mengerem, dorong stang ke bawah secara perlahan-lahan.

Cara melakukan standing motor dimulai saat motor sedang berjalan

Pada dasarnya cara mengangkat ban depan motor pada saat motor sedang melaju adalah sama dengan standing yang dimulai dari motor berhenti. Langkah-langkah untuk menstandingkan motor saat melaju adalah dengan jalankan dulu motor dengan kecepatan rendah dan tidak terlalu tinggi.

Lantas, masukkan gigi persneling lalu ditahan atau tekan kopling (bagi motor transmisi manual) lalu tarik tuas gas sampai kira-kira mencapai sekitar 6000-8000 RPM.

Saat mencapai RPM mesin yang pas, lalu  lepaskan pijakan gigi persneling atau kopling. Cara ini akan membuat  ban depan motor mengangkat. Sedangkan untuk cara menurunkan ban depan motor adalah dengan melakukan pengereman ban belakang secara perlahan-lahan sembari mendorong stang ke bawah.

Perlu diketahui, kalau melakukan standing motor sebenarnya dapat merusak sockbreaker depan, rantai dan mesin motor bila dilakukan terlalu sering.

Tags: balapan motor info otomotif kamus otomotif tips otomotif

Related Post "Pengen Freestyle? Ini Dia Cara Melakukan Standing Motor"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Pengen Freestyle? Ini Dia Cara Melakukan Standing Motor"