Cara Mengatasi Gear Rantai Belakang Tiger Oblak Longgar

#GearRantai #HondaTiger #TipsOtomotif

Mengatasi Gear Rantai Belakang Tiger Oblak Longgar | Salah satu penyakit motor tiger adalah seringnya gear rantai belakang Honda tiger yang oblak. Ada yang bilang kalau gear rantainya gampang kocak. Ini biasanya karena kancing gear rantai tersebut sudah longgar.

gear tiger oblak

Biasanya ini gear rantai tiger yang kocak oblak ini disebabkan oleh karet bos angkatan (damper gear tromol) sudah longgar. Selain itu gear rantai tiger yang besar dan angkatan pertama kali yang berat juga menjadi penyebabnya.

Kalau oblak ini dibiarkan saja, bisa berakibat pada tromol bagian snap ring penahan gear akan habis karena gesekan. Inilah yang membuat gear goyang kiri kanan.

Terus, bagaimana solusi cara mengatasi gear rantai belakang Honda tiger oblak longgar kocak? Singkatnya, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mendaur ulang alur snap ring tersebut. Namun cara ini akan beresiko pada warna cat velg motor menjadi rusak.

Biasanya, tidak semua bengkel motor bisa melakukan dan mau untuk mendaur ulang alur snap ring penahan gear ini. Akan tetapi, perbaikan velg motor ini bisa dilakukan di bengkel tukang bubut dan las.

Langkah untuk mengatasi alur snap ring pengunci gear rantai belakang oblak kocak longgar.

  1. Copot velg motor bagian belakang. Buka tromol lalu lepas karet bos angkatan (ada 4). Bila mengalami kesulitan melepas karet bos gear ini, bisa minta tolong ke tukang bubut untuk melakukannya.
  2. Bawa velg motor tersebut ke bengkel bubut dan las. Mintalah ke tukang bubut untuk mendaur ulang snap ring pengunci gear tersebut.
  3. Pasang karet bos gear pada lubangnya. Pastikan tinggi karet bos sama semua pada keempatnya dan terpasang secara tegak lurus.
  4. Terakhir, velg motor siap dipasang dan gear rantai belakang juga siap pasang.

Saya sendiri sudah melakukan cara ini. Alhamdulillah sudah 4 tahun berjalan, gear rantai belakang motor saya tetap masih kencang dan tidak oglak. Saran saya, bila pada waktu pengerjaan tersebut mengalami cat velg yang rusak, bisa mengecat ulang pada bagian yang rusak.

Tags: bengkel motor bengkel servis kerusakan motor tiger motor honda tiger tips otomotif

Related Post "Cara Mengatasi Gear Rantai Belakang Tiger Oblak Longgar"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. author

    Ajo10 months agoReply

    Maksudnya “mendaur ulang snap ring pengunci gear” itu apa mas bro..? Kalo lubang utk bosh gear dibubut drat baut, supaya baut jadi lbh kenceng nguncinya bahaya ga bro..? Tolong pencerahannya

    • author

      apritos (Author)10 months agoReply

      itu bagian snap ring pengunci gear nya di cor alumunium trus di bubut lgi. Saya mempraktekkan itu dan ini sudah jalan 3 tahun tetep aman. Tapi kalau di buat drat baut seperti yg Om Ajo sampaiin itu saya belum pernah nyoba. Saya kira lubang bosh gear sengaja dibuat kayak gtu (ada karet item peredamnya) berguna untuk mengurangi hentakan velg saat motor di gas mulai jalan.

Leave a reply "Cara Mengatasi Gear Rantai Belakang Tiger Oblak Longgar"