Ketahui Tipe Jenis Kendaraan Mobil Menurut Letak Mesin

#JenisMobil #TipeMobil #LetakMesin

Tipe Jenis Kendaraan Mobil Menurut Letak Mesin | Belum banyak orang yang tahu, kalau tipe jenis kendaraan mobil itu dibedakan berdasarkan letak mesinnya. Sering kali di temui di jalanan ada mobil yang mempunyai mesin di sisi depan dan ada mesin di sisi belakang. Ada juga mobil yang hanya berpenggerak ban depan atau belakang saja. Namun ada pulan mobil yang berpenggerak pada semua keempat bannya.

jenis kendaraan

Semua jenis kendaraan tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Setiap jenis mempunyai kegunaan dalam penggunaan yang berbeda-beda. Bagi yang berencana beli mobil, selayaknya harus mengetahui tipe jenis kendaraan mobil menurut letak mesinnya.

FR ( Front Engine Rear Wheel Drive)

Tipe kendaraan mobil ini memiliki letak  mesin di bagian depan dan menggerakan roda belakang. Untuk menyalurkan tenaga mesin, mobil ini memakai kopling (clutch), transmisi (transmission), drive shaft/ propeller shaft, differential, rear axle dan roda (wheel). Contoh jenis kendaraan mobil dengan tipe FR penggerak roda belakang adalah Nissan SX series, Nissan Silvia.

FF (Front Engine Front Wheel Drive)

Tipe kendaraan mobil ini memiliki letak mesin di bagian depan dan menggerakan roda depan. Untuk menyalurkan tenaga mesin, mobil ini memakai kopling (clutch), transmisi (transmision), differentian (gardan), front axle dan roda (wheel). Contoh jenis kendaraan mobil dengan tipe FF penggerak roda depan adalah Honda Civic, Honda Jazz, Toyota corolla dan masih banyak lagi.

Kendaraan ini dianggap lebih ungul dibandingkan dengan tipe yang terdahulunya yaitu FR (Front Engine Rear Wheel Drive).

RR (Rear Engine Rear Wheel Drive)

Tipe kendaraan mobil ini memiliki letak mesin di bagian belakang dan menggerakkan roda belakang. Untuk menyalurkan tenaga mesin, mobil ini memakai kopling (clutch), transmisi (transmision), differentian (gardan), rear axle dan roda (wheel).

Contoh jenis kendaraan mobil tipe RR penggerak roda belakang adalah Volkswagen Bug/Beetle (VW Type 1), Porsche 911, Porsche 356.

4WD ( 4 Wheel Drive)

Tipe kendaraan mobil tergolong premium. Setiap roda pada jenis mobil ini dapat bergerak semua. Mesin mobil dapat menggerakkan roda depan dan belakang. Untuk menyalurkan tenaga mesin, mobil ini memakai kopling (clutch), transmisi (transmission), front drive shaft (front propeller shaft), front differential, front axle dan roda depan (front wheel), rear drive shaft, rear differential, rear axle dan roda belakang (rear wheel).

Contoh jenis kendaraan mobil tipe 4WD adalah Subaru Impreza, Nissan Skyline seri yang GTR, Nissan GTR.

Tags: ban mobil info otomotif kamus otomotif mesin mobil

Related Post "Ketahui Tipe Jenis Kendaraan Mobil Menurut Letak Mesin"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Ketahui Tipe Jenis Kendaraan Mobil Menurut Letak Mesin"