Dalam Membangun Sistem Audio Mobil, Perhatikan Ini Dulu

#AudioMobil #SoundSystem #SistemAudio

Dalam Membangun Sistem Audio Mobil, Perhatikan Ini Dulu | Membangun sistem audio mobil perlu beberapa pertimbangan. Sistem audio mobil harus sesuai dengan interior mobil dan tersetting tata ruang suara dalam kabin mobil dengan benar.

upgrade komponen sound sistem audio mobil

Untuk membangun sistem audio mobil yang baik perlu banyak perencanaan. Tidak hanya perlu perangkat audio mobil yang baik, akan tetapi harus juga disertai tata letak sound ssstem dan tata ruang yang baik.

Untuk membuat sound sistem mobil mengeluarkan suara yang baik, perlu berbagai settingan. Maka dari itu, membangun sistem audio mobil itu bukan pekerjaan yang mudah. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membangun sistem audio mobil

Head unit dan receiver

Dalam upgrade sistem audio mobil, bisa juga menggunakan head unit bawaan dari pabrik mobil atau menggantinya dengan yang baru. Namun, kelemahan dari head unit bawaan mobil adalah tidak memiliki pre-amp output dan ada juga yang tidak menyediakan tegangan remote untuk menghidupkan power amplifier.

Maka dari itu, jika menggunakan head unit bawaan mobil, tidak dapat menggunakan eksternal amplifier. Namun, jika milih untuk mengganti head unit bawaan mobil, maka harus mempertimbangkan ukuran chassis untuk penempatannya.

Instalasi sistem audio mobil

Untuk instalasi head unit baru lumayan rumit. Butuh basic pengetahuan elektronika dan sedikit kesabaran. Untuk mengganti head unit baru juga harus mempertimbangkan kehilangan garansi mobil.

Speaker

Speaker ini komponen yang paling berpengaruh untuk menghasilkan kualitas suara dari sebuah sistem audio mobil. Ukuran, bentuk, tipe, penerimaan daya dan tempat pemasangan adalah faktor yang perlu dipertimbangkan. Pilih speaker mobil yang sesuai dengan selera pemilik mobil. Selain itu, sesuaikan juga kapasitas daya speaker dengan output daya head unit. Termasuk crossover untuk tweeter dan midrange/midbass speaker.

Subwoofer

Speaker subwoofer membutuhkan power yang lebih besar dan box speaker khusus daripada speakernya lainnya. Ada banyak jenis kotak atau box speaker mobil berdasarkan jenis subwoofernya.

Power amplifier mobil

Sebagian besar unit audio mobil memiliki internal amplifier. Namun masih butuh amplifier eksternal dengan daya yang lebih besar untuk meningkatkan suara bass, midrange dan frekuensi tinggi. Jika menggunakan  amplifier eksternal, maka membutuhkan crossover untuk memisah sinyal frekuensi output amplifier yang nantinya akan diteruskan ke speaker. Jadi sinyal frekuensi yang masuk ke speaker itu sudah sesuai range frekuensi speaker.

Tags: audio mobil modifikasi mobil setting audio mobil tips otomotif variasi audio mobil

Related Post "Dalam Membangun Sistem Audio Mobil, Perhatikan Ini Dulu"

Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan
Tips Bagi Anda Yang Ingin Beli Mobil Bekas Taksi
#Taksi #Mobil #BursaOtomotif Tips Beli Mobil Bekas

Leave a reply "Dalam Membangun Sistem Audio Mobil, Perhatikan Ini Dulu"