Pertalite RON 90an Pengganti Bensin Premium

adsense-fallback

#BBM #Pertamina #Pertalite

Pertalite Pengganti Bensin Premium | Mulai Mei 2015, PT Pertamina akan menghapus penjualan bensin premium RON 88 secara bertahap. Sebagai pengganti premium, pertamina akan menjual BBM dengan nama Pertalite RON 90-91.

adsense-fallback

Dalam beberapa media otomotif, Pertamina mengklaim bahwa produk BBM jenis baru ini memiliki kandungan RON yang lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan premium. Bila meenurut standar EURO 4, premium RON 88 memang harus sudah diganti. Premiun RON 88 itu masih tergolong EURO 2.

Penjualan pertalite ini akan diujicobakan pada semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di jalan tol per Mei 2015. Pertalite ini termasuk kategori BBM non subsidi, sehingga harganya ditetapkan oleh Pertamina.

Berapa harga Pertalite RON 90an ini ?

Kalau ditanya harga, pihak Pertamina belum merilisnya. Belum diketahui berapa kisaran harga yang akan ditetapkan untuk pertalite ini. Yang pasti harganya akan berada di atas Premium, namun masih tetap di bawah Pertamax RON 92.

Lantas apa efek penggunaaan pertalite pada kendaraan ?

Secara keseluruhan, efek penggunaan pertalite ini hampir sama dengan bila menggunakan BBM pertamax untuk kendaraan. Untuk kendaraan yang tergolong tahun 90an keatas, ini cocok. Namun, bagi pemilik kendaraan jadul yang notabene rasio kompresi masih kecil, mungkin ini perlu keikhlasan agar kendaraannya meminum BBM dengan RON kadar oktan yang lebih tinggi. Sebaiknya baca juga tulisan tentang Pilih Bahan Bakar Sesuai Dengan Rasio Kompresi Mesin.

adsense-fallback