Jaga Keselamatan Dengan Tips Mudik Menggunakan Motor

#TipsMudik #MudikLebaran #MudikMotor

Tips Mudik Menggunakan Motor | Mudik merupakan ritual wajib saat lebaran tiba. Tidak kenal jarak dan waktu tempuh, semua orang melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman. Berbagai jenis transportasi dan jenis kendaraan digunakan saat lebaran.

mudik naik motor

Mudik lebaran menggunakan motor masih mendominasi sebagai alat transportasi untuk mudik. Mudik dengan motor menjadi cara mudik yang paling favorit. Murah, ringkas, cepat alias bisa nyelap-nyelip di kemacetan jalan antar provinsi, menjadi keuntungan dalam mudik lebaran dengan motor.

Berbagai survey mengatakan, angka statistic mudik lebaran menggunakan motor pada setiap tahunnya mengalami kenaikan. Tentu saja secara tidak langsung bahwa resiko kecelakaan lebih besar motor ketimbang kendaraan mobil dan sejenisnya.

Tentu bukan berarti tak bisa mudik dengan bermotor ria, tetapi tetap harus menyiapkan hal-hal demi perjalanan mudik yang aman hingga ke tujuan. Mulai dari melakukan pengamatan kondisi motor sebelum mudik sampai kondisi fit tubuh pengendara ketika melakukan mudik. Mudik lebaran tidak sama dengan touring, sedikit saja lengah, bisa fatal akibatnya.

Bagi yang mau mudik lebaran dengan motor, sebaik simak dulu neh tips mudik menggunakan motor ini. Tips ringan ini untuk tetap menjaga keselamatan dan keamanan pemudik dengan motor.

  1. Cek kondisi kendaraan bermotor, mulai dari kondisi rem, ketebalan ban, hingga performa mesin. Jika terasa aneh dengan kondisi motor, jangan malas ke bengkel untuk servis penuh. Jangan lupa ganti oli sebelum perjalanan maupun sampai tujuan.
  2. Jangan lupa mengisi bensin kendaraan dalam keadaan full tank. Siapkan leaflet berisi peta posko ramadhan dan peta jalan yang akan dilewati agar tidak tersesat dan bisa mengkondisikan perjalanan sesuai kebutuhan dan mendapat panduan perjalanan.
  3. Jika membawa barang bawaan yang banyak, gunakanlah boxs belakang atau samping.
  4. Pakailah helm full face, sepatu tebal, sarung tangan atau setidaknya half face agar terlindungi dari terpaan debu dan pasir selama perjalanan.
  5. Dalam perjalanan mudik lebaran, selalu menjaga ritme waktu berkendara. Setidaknya tiap 3 jam sekali, beristirahat selama 20 menit agar badan pulih dan segar. Jangan memaksakan diri tetap berkendara hingga ke tujuan. Kalau capek usahakan istirahat kalau perlu tidur ditempat yang aman seperti di posko mudik, pom bensin, masjid, kantor polisi dll dan supaya bisa lebih aman ajak teman untuk bergantian berjaga.
  6. Sediakan makanan ringan, air mineral, suplement, jamu anti angin dan sejenisnya. Saat lapar ditengah jalan bisa cepat masuk angin.
  7. Jangan lupa bawa kotak P3K untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan atau sakit saat di perjalanan.
  8. Sediakan peralatan mekanik apabila di tengah perjalanan motor mengalami masalah teknis, ditambahin obat tetes mata karena itu sangatlah penting.
  9. Jangan lupa gunakan aplikasi smartphone google maps. Pastikan juga bahwa paket data aktif, saldo pulsa telah cukup dan jangan lupa bawa power bank.
  10. Jangan melakukan mudik secara berkelompok lebih dari 4 motor. Kalau terlalu banyak motor di pastikan perjalanan mudik lebaran akan ribet, terlalu sering berhenti karena ada temen yang ketinggal di lampu merah.
  11. Sesampai kota tujuan, jangan lupa untuk melakukan servis motor. Perjalanan mudik tentu juga berpengaruh pada kondisi mesin. Apalagi motor untuk mudik umumnya bukanlah motor touring atau jarak jauh. Jangan sampai pas pulang ke rumah malah direpotkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tags: info otomotif motor touring safety riding tips jalanan tips otomotif

Related Post "Jaga Keselamatan Dengan Tips Mudik Menggunakan Motor"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. author

    dimas2 years agoReply

    Begini cara atur anggaran untuk mudik

Leave a reply "Jaga Keselamatan Dengan Tips Mudik Menggunakan Motor"