Cara Mudah Mengatasi Motor Mogok Disaat Kena Banjir

#MotorMogok #Banjir #MotorMacet

Cara Mudah Mengatasi Motor Mogok Disaat Kena Banjir | Kalau musinm hujan tiba, banjir bakalan menggenang dimana-mana. Bisa jadi jalan yang akan dilalui para biker tergenang oleh air banjir. Jangan sekali-kali menerabas banjir dengan motor. Bisa jadi motor yang ditunggangi malah mogok kena banjir.

mogok banjir

Bagi yang mengalami motor mogok disaat kena banjir, maka harus menuntun motor ke tempat yang tidak banjir dulu. Setelah itu, baru diperbaiki.

Cara mengatasi motor mogok akibat banjir pun cukup simple. Berikut ini adalah tips dan cara mudah untuk mengatasi motor mogok disaat kena banjir.

Keringkan dan bersihkan busi.

Busi yang memiliki fungsi sebagai pemantik api yang digunakan dalam proses pembakaran di mesin sangat sensitif bila terkena air. Bila busi dalam keadaan basah, maka tidak akan mampu memantikan api, sehingga motor pun mogok.

Karena itu, bila motor mogok setelah menerjang banjir, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek sekaligus mengeringkan dan membersihkan busi. Lepas busi dari tempatnya, dan tutup lubang busi di mesin dengan kain bersih yang kering.

Setelah itu lap busi pada bagian elektroda dengan kain kering yang bersih. Bila telah kering kemudian gunakan sikat gigi atau ampelas halus untuk membersihkan ujung elektrota atau kepala busi.

Sebelum busi kembali dipasang, lakukan pembuangan uap air yang kemungkinan ada di mesin terutama lubang busi. Caranya jangan mencabut dulu kain yang digunakan menutup lubang busi, kemudian starter motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off.

Kuras air di knalpot

Menguras atau membuang air yang masuk ke knalpot. Air yang masuk ke dalam knalpot akan menghambat arus gas buang sisa pembakaran di mesin. Ini mengakibatkan motor mogok. Cara menguras air dalam knalpot adalah, posisikan motor dengan menggunakan standar tengah dan bila memungkinkan ganjal standar tersebut dengan kayu atau batu, sehingga posisi motor njomplang. Langkah ini bertujuan agar air yang ada di dalam knalpot keluar.

Setelah yakin bahwa air telah keluar dari knalpot, maka tetesilah knalpot dengan oli agar tak berkarat.

Keluarkan air di karburator

Faktor penyebab motor mogok saat setelah menerjang banjir adalah air yang masuk ke dalam karburator. Cara dan langkah untuk mengeluarkan air dari karbirator adalah menuutup kran saluran bahan bakar dari tangki ke karburator. Kemudian putar baut pembuangan di karburator ke arah berlawanan dengan arah gerak jarum jam hingga maksimal. Bahan bakar pun akan mengalir keluar.

Pastikan tidak ada bahan bakar yang tersisa di karburator. Bila telah bersih, kembalikan baut pembuangan ke posisi semula, dan buka kembali kran bahan bakar dari tangki ke karburator.

Lakukan pemanasan mesin

Langkah terakhir adalah lakukan starter motor secara manual dalam kondisi mesin mati atau kunci off hingga beberapa kali. Menghidupkan motor dengan cara diengkol akan tetapi kunci motor dalam kondisi off. Lakukan langkah ini 5 – 7 kali.

Setelah itu, baru nyalakan mesin atau kunci dalam posisi on. Kemudian starter mesin, dan tunggu mesin menyala hingga 10 menit. Kalau ini sudah beres, motor sudah siap untuk dibuat jalan-jalan.

Tags: bengkel servis mesin motor tips jalanan tips otomotif

Related Post "Cara Mudah Mengatasi Motor Mogok Disaat Kena Banjir"

Wiring Diagram Kelistrikan Yamaha Vixion
#Yamaha #Vixion #DiagramKelistrikan Kelistrikan Yamaha Vixion |
Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |

Leave a reply "Cara Mudah Mengatasi Motor Mogok Disaat Kena Banjir"