Penyebab Tangki Motor Bocor Itu Karena Kemasukan Air

#TangkiMotor #TangkiBocor #PenyakitMotor

Tangki Motor Bocor | Beberapa pengendara motor Honda sering mengeluhkan tangki bensin motor mereka pada bocor. Tanngki motor bocor akibat keropos. Biasanya ini terjadi pada motor Honda Tiger, Mega Pro, Honda CB atau yang lainnya.

tanki tiger bocor

Terus bagaimana cara mengatasi tangki motor yang bocor ?

Banyak orang menutup lubang bocor pada tangki bensin dengan cara di las. Nah kalau di las, maka cat tangki motor pun akan rusak. Alhasil tangki bensin motor harus di cat ulang. Nah jeleknya lagi, kadang walaupun sudah di las, tetep aja nanti ada lubang bocor dilain tempat lagi. Lubang bocor tangki bensin motor merembet ketempat lain.

Apa penyebab tangki motor bocor ?

Tangki motor yang bosor karena keropos itu bisa dipastikan disebabkan oleh air. Tangki bensin motor tersebut kemasukan air. Terus kok bisa tangki itu kemasukan air. Airnya masuk tangki lewat mana?

Sebagai contoh pada kansus tangki motor tiger bocor. Perlu diketahui, tutup tanki yang berada di atas tangki memiliki kualitas karet seal yang kurang bagus dapat menyebabkan air dapat menyelinap masuk kedalam tangki. Hal ini diperparah bila mencuci motor dengan cuci steam yang mempunyai tekanan air yang kuat, itu akan dapat membantu air masuk kedalam tangki.

Selain karena karet tutup tangki, ada lubang ventilasi udara yang terdapat di tutup tanki juga dapat dimasuki oleh air.

Disisi lain, uap udara luar yang mempunyai unsur hidrogen (H) itu dapat terperangkap di dalam tangki, embun yang biasanya terjadi di dedaunan pohon di pagi hari, ternyata dapat pula terjadi di dalam tangki motor. Dan ini akan menyebabkan adanya air dalam tangki bensin motor.

Lama kelamaan air ini menjadi banyak dan mengendap di dasar tangki. Lantas, pelat tangki motor bagian bawah akan mengalami keropos oleh air. Dan ini lah yang yang menyebabkan tangki motor mudah bocor.

Lantas, bagaimana cara pencegahan tangki bensin motor agar tidak bocor ?

Untuk mengatasi tangki motor bocor berarti dengan mencegah air masuk kedalam tangki. Lebih detailnya jaga agar air jangan sampai masuk menyelinap kedalam tangki lewat tutup tangki bensin. Isilah bensin penuh agar ruang untuk embun jadi semakin sedikit.

Selain itu, lakukan pengurasan tanki bensin setiap 6 bulan sekali atau seperlunya saja untuk menjaga agar karat dalam tangki tidak memperparah keadaan tangki. Ini juga untuk mengeluarkan endapan kotoran yang ada dalam tangki. Dalam menguras tangki bensin motor, sebaiknya hati hati dengan endapan yang dapat menutup dan mengotori saringan bensin yang letaknya ada di dalam tanki.

Saat menguras tangki bensin, sebaiknya bensin sisa yang sudah terkontaminasi endapan, jangan dimasukkan lagi kedalam tangki. Isi tangki motor dengan bensin yang bersih.

Bila mengalami tangki motor bocor halus tapi tidak punya duit untuk ganti tangki motor. Lantas bagaimana solusinya ?

Kalau masih bocor halus/kecil dapat diatasi dengan cara mengoleskan sabun colek di wilayah yang bocor, cara ini cukup jitu, tapi kalau motor di cuci, ya mau tidak mau harus di oleskan sabun colek lagi.

Ada pula cara yang cukup murah untuk menambal tangki bocor, yaitu dengan mengganjal tutup tangki dengan karet tutup tangki vespa.  Harganya cukup murah, hanya 4500 rupiah saja per buah.

Tags: bengkel servis info otomotif penyakit mobil sparepart motor tips otomotif

Related Post "Penyebab Tangki Motor Bocor Itu Karena Kemasukan Air"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Penyebab Tangki Motor Bocor Itu Karena Kemasukan Air"