Ini Dia Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati Perlu Diganti

#KiprokMotor #KelistrikanMotor #Motor

Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati | Kadang kita menemui lampu motor yang sering putus. Padahal bohlam lampu motor itu baru diganti tapi langsung atau mudah putus lagi. Atau kadang menemui aki motor yang soak lemah tegangannya. Kesemua itu ada hubungannya dengan kiprok motor.

kiprok tiger

Kiprok motor memang salah satu komponen yang berperan dalam pengaturan kelistrikan motor. Kiprok cukup vital perannya karena memang langsung berhubungan dengan aki dan melakukan manajerial kelistrikan.

Beberapa kasus motor mati ditengah jalan, aki cepat soak, atau lampu utama yang tiba-tiba temaram, bisa jadi disebabkan kondisi kiprok yang tak lagi optimal. Mencari tahu kiprok yang sudah rusak atau kiprok mati itu memang susah-susah gampang.

Apabila melihat buku petunjuk, acara cara mudah untuk mengetahui kiprok masih berfungsi secara baik atau sudah rusak. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah alat kelistrikan yang bernama multimeter.

Lantas bagaimana caranya mengenali ciri-ciri kiprok motor rusak mati perlu diganti apabila tidak mempunyai multimeter? Kalau tidak punya multimeter, jangan khawatir. Ada cara lain untuk mengenali kondisi kiprok.

  • Salah satu gejala kiprok mati perlu diganti adalah lampu depan yang tiba-tiba redup atau bahkan mati sama sekali. Jika arus dari sepul lampu dalam keadaan normal, maka kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung.
  • Ciri kiprok motor rusak lainnya adalah aki motor yang cepat soak. Kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal, kemungkinan kiprok rusak atau mati.
  • Selain itu bila menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor di gas kencang, itu patut dicurigai sebagai gelaja kiprok rusak.
  • Perlu diketahui bahwa, kadang kirpok itu tidak mati, melainkan rusak. Ingat, fungsi kiprok adalah sebagai menyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar. Ini disebabkan kirpok sudak tidak bisa lagi membatasi tegangan yang keluar dari kiprok.

Banyak mekanik tidak sadar, bahwa kiprok itu masih berfungsi untuk mengecharge aki motor akan tetapi kiprok itu sudah rusak akibat tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor. Sebagai patokan, idealnya tegangan output kiprok motor adalah ±15V tanpa beban.

Bila kisanak menemui gejala kiprok rusak mati seperti di atas, maka sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Tags: bengkel servis elektronika motor sistem kelistrikan motor sparepart motor

Related Post "Ini Dia Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati Perlu Diganti"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. author

    Ricky2 years agoReply

    Motor saya tiger tp memakai kiprok megapro, lampu depan selalu putus kalau motor melaju pada RPM tinggi…sedangkan kondisi accu berfungsi normal, mohon pencerahannya…

    • author

      apritos (Author)2 years agoReply

      itu biasanya disebabkan oleh kiprok rusak mas. Kiproknya memang bisa mengeluarkan tegangan DC, akan tetapi pada bagian regulator tegangannya telah rusak. Saran saya, ganti kiprok yang baru mas, kalau mau murah makai kiprok Fukuyama saja. Saya pakai kirpok tiger Fukuyama, dulu harganya 75 ribu.

  2. author

    iwan1 year agoReply

    mas mau nanya kalo kiprok rusak trus ganti lampu yg tegangannya lebih tnggi gmana?

    • author

      apritos (Author)12 months agoReply

      ntar nyala lampunya pada saat kecepatan normal jadi redup donk

  3. author

    Rigi12 months agoReply

    Bos… mo tanya nih…
    motor saya Vega R 2007,saya pakai lampu LED.awalnya tidak ada masalah,tp sekarang lampu saya selalu berkedip atau redup ketika saya menggunakan rem depan.terus lampu sein juga tidak mau berkedip.starter electricny jg tidak berfungsi,pdhl sebelum ada masalah pd lampu,starter masih bs berfungsi dg baik.kira2 sumber masalahny dr mana y?

    • author

      apritos (Author)12 months agoReply

      coba cek aki motornya & coba lepas dan ceklampu led nya, sapa tau lampu led itu penyebab drop tegangan

  4. author

    faza12 months agoReply

    Mas bro motor saya pulsar 220 lampu utama, sein, kalkson, dll normal tp yg redup cuma lampu senja aja.. Apa kah mungkin kiprok juga yg rusak? fyi pulsar ga ada kick starter jd resek klo mati listrik.. Mohon pencerahan ny serta estimasi harga ny mksh

    • author

      apritos (Author)12 months agoReply

      coba cek kabel + saklar + fiting lampu senjanya bang

  5. author

    didik11 months agoReply

    Bro, saya pake pulsar 180, saat aki masih baru semua normal.
    sekarang bel dan elctric starter tidak berfungsi, padahal aki baru merumur 1bln.
    Saat pasang aki baru, ditest voltage tidak beranjak dari angka 13, saat sein dinyalain sempat turun ke 12.9.
    apakah ini juga ada masalah dengan kiprok?
    Apa ada kiprok alternatif yang bisa dipakai di pulsar 180?
    Thanks

  6. author

    Syaiful10 months agoReply

    Lampu depan honda beat matic fi mati (gak ada tegangan kenapa?

    • author

      apritos (Author)10 months agoReply

      cek soket, kabel dan saklarnya dulu mas

  7. author

    dayat10 months agoReply

    minta bantuannya mas
    kemarin motor saya kelistrikannya ga ada masalah,
    tapi sekarang kelistrikan mati total dari electrik starter,sein,lampu utama mati semua,kabel koil ga ada apinya
    kira”apanya ya mas ?megapro 2009
    kalo sempet sms 085712339695 tolong banget mas

  8. author

    ali10 months agoReply

    Mau tanya mas, lampu depan saya sering mati, pas di cek katanya tegangan arusnya terlalu besar, itu gimana ya? dari kiprok atau komponen yang lain?
    Makasih mas

    • author

      apritos (Author)10 months agoReply

      tegangan sama arus itu beda mas,,, di cek dulu pas kondisi motor rpm tinggi, tegangannya mentok sampai brapa volt? bila nyampe lebih dari 13 volt, itu kemungkinan kiproknya

  9. author

    Triansyah Putra10 months agoReply

    Mas Mau Tanya Nih,, kemarin saya udah ganti Kiprok Motor saya Yamaha Mio Soul 2009, tapi cuma tahan bebarapa Minggu udah Ngulah lagi tuch Lampunya jadi sering Putus lagi, Mohon Bantuannya Mas apakah ada penyebab lain selain Kiproknya yg rusak, apakah mungkin Kiproknya gak Ori ya Mas?? Terimakasih.

    • author

      apritos (Author)10 months agoReply

      rekomend makai kiprok yg ori mas, atau kalau mw yg murah, beli merk fukuyama (cari yg bener ori fukuyama)

  10. author

    Agus10 months agoReply

    Mas bro mau nanya sepeda saya vixion, aki saya sering tekor, kmrn saya bawa ke servis resminya katanya pengisian sudah normal, tp setelah saya bawa jarak jauh lagi kelistrikannya begitu lagi, aki tekor lagi kenapa ya mas bro, jd bingung nie

  11. author

    zamien10 months agoReply

    motor thunder saya kebakar kbel spulnya terus aki kiprok dan spulnnya mti apa penyyebbnya tlng pnjelasannya

  12. author

    rocky10 months agoReply

    Mas mau tanya nih..motor saya r15, saya pakai stop kontak lampu..nah kalo lampu saya tidak dinyalain motor sering mbrebet seperti habis bensin dan lampu engine nya nyala..trus kalo saya pasang lampu yang di stop kontak yang lampu depan, motor saya kembali normal dan lampu engine nya mati..apa itu kiprok saya harus di ganti? Mohon bantuanya mas terimah kasih

  13. author

    rocky10 months agoReply

    mas mau tanya nih,,motor saya r15 saya pakai stop kontak jika saya tidak menyalakan lampu depan saya motor saya sering mbrebet seperti habis bensin dan lampu engine warna kuning nyala nah jika lampu depan di nyalain semuanya normal seperti tidak ad masalah,,apa itu kiprok saya harus ganti atau gimana mas? mohon solusinya,, Terimah kasih.

  14. author

    ayah vickyie10 months agoReply

    motor saya mati total mas,arus listrik dri kontak yg on tdk ada terus sya selah motornya ttp sja enggak nyala,sebelum mati kondisi motor sudah on dn starter msh nyala,tp lemah gara” kiprok yg rusak yg tdk bisa antar balik listrik sehingga aki tekor….
    tp masalahnya,setelah starter gx bisa tiba” arus listrik mayi total,kontak yg on tdk nyala terus d selahpun gx bisa mas..
    itu penyebabnya apa ya?..

  15. author

    Nurfauzan Al Farizi9 months agoReply

    mas numpang nanya dong beli kiprok khusus motor absolute revo itu berapa ya

  16. author

    Dedi surya9 months agoReply

    Mau tanya gan… motor shogun R 110, sehari sebelumnya habis service. Check karburator dan filter.. sama ganti bohlam lampu utama karena sebelumnya redup maklum dari pertama beli belum pernah ganti lampu… besoknya saat mau di coba untuk jalan jauh.. tiba tiba mesin motor mati. Dan kondisi lampu netral juga mati.. jadi motor baru bisa hidup klo di selah langsung.. mohon pencerahannya gan.. penyebabnya dari mana..???
    Terimakasih

    • author

      apritos (Author)9 months agoReply

      cek sekring kabel dan sambungan kabek di skitar accu dan fuse

  17. author

    Widji9 months agoReply

    Mas mau tanya, klo motor habis ga jalan sehari terus ga bisa stater (padahal aki baru),tp klo udah habis jalan bisa stater normal lg, itu apakah kiprok bermasalah ?
    trimakasih.

  18. author

    Faisal9 months agoReply

    Mas motor saya R15, saya pakai lampu projie+alis , setelah pakai itu motor saya jadi tekor akinya akibat di bawak jalan kurang lebih 3 jam menggunakan projie di malam hari, ada yg bilang aki nya ganti, ada yang bilang kiprok nya ganti, sebenarnya masalahnya ada di mana mas? Sudah 3 kali saya perhatiin kalau 3 jam di bawak jalan nonstop motor saya mati ,dan 3 kalinya aki saya tekor dan terpaksa di chas.Motor saya masih jalan 8 bulan, kalau seandainya saya ganti kiprok baru atau aki baru, atau ke dua dua nya baru, apakah itu bukan sama saja? Bakalan rusak lagi akibat pemasangan projie? Butuh masukannya mas, bisa hubungi saya 081260403200 untuk memberi saran yg lebih rinci, makasih mas. Mohon bantuannya mas

    • author

      apritos (Author)9 months agoReply

      cek dulu sekring dan kondisi tegangan kiprok. Lampu projie itu watt-nya berapa ya? Masangnya makai relay gk?

  19. author

    Fajar lutfi9 months agoReply

    Mio j saya baru ganti aki, tapi besoknya udah ga bisa buat stater di selah juga ga mau nyala. Pas diganti aki baru lagi langsung nyala.
    Apa ini juga termasuk kiproknya bermasalah ya.?
    Mohon bantuannya mastah..

  20. author

    Fendi9 months agoReply

    Motor saya honda vario tecno 110, aki nya selalu tekor udah di ganti aki baru cuman tahan dua hari, apa itu akibat kiprok mati

  21. author

    dighta8 months agoReply

    ms maaf tnya!! apa beda kiprok mega pro dgn tiger!!!sedangkan motornya tiger,apa tdk mslh kl pake kiprok mega pro?? trmksh

    • author

      apritos (Author)8 months agoReply

      kalo soket dan wiring diagramnya sama, brarti ada kemungkinan bisa dipakai

  22. author

    pandu8 months agoReply

    Motor saya lampunya redup gan saya ganti kiprok merek kagawa jadinya lampu terang tapi motor digas mlebek

  23. author

    NASYWA7 months agoReply

    mas mau tanya dong, kiprok murah untuk THUNDER tapi bagus, terimakasih

  24. author

    ifay7 months agoReply

    Kasus saya sudah sekali kemarin semua lampu putus plus aki soak krn saya sering geber motor di rpm tinggi krn memang lokasi tmpat sya hampir 80 km…solusi pertama memang pernah ganti kiprok saja dan lampu baru nyala lagi..tp sy bilang org bengkel coba di geber dan hasilnya putus…krn sya masuk bengkel resmi kawasaki jd sy kurang tau ap masalahnya krn sya harus nunggu diruang tunggu pdhal sy pengen tau..alhasil stelah sekian lama problem berhasil namun saya tidak dikasih tau..kemudian syaa ganti semua lampu2 yg ad dimotor saya plus ganti aki subtitusi krn yg ori muahal bgt.hehe..setelah 8 bulan pakai sekarang penyakitnya kumat lg..semua lamou putus aki soak tp motor masih bisa hidup..mungkin cm kelistrikan body saja yg rusak..cm pertanyaanya diabagian mana..apakah spulnya masalah utama di bagian sepulnya yg rusak? atau ap? kira2 mas bisa kasih gambaran dan solusi..sebelum saya ke bengkel..terima kasih..

  25. author

    indra7 months agoReply

    Mas saya mau tanya kan sya pke klakson modif nah masalahnya klo klakson tu d nyalain saat lagi laju motornya RPM suka turun trus lampu kya yg mau redup pa itu gjla kiproknya bkn makasih

  26. author

    Suhendra7 months agoReply

    aki sayah lemah terus, lampu depan jarak dekatnya mati ketika gas ditarik sekitar 2 bulan yg lalu…tapi ketika mesin nyala starter bisa…terus kalo sudah perjalanan jauh terkadang aki kuat buat starter ataupun sebaliknya…apakah kiprok yg rusak atau aki juga harus ganti???

  27. author

    ibnu6 months agoReply

    ass,,,, bos gmna y bos cara mengubah aliran listrik ac k dc d motor ane bosss,, jupe th 2009,, mohon bantu an ny boss, makasih

  28. author

    Rhiyo6 months agoReply

    Gan sory saya punyak motor Mio lampu depan pake led. Itu lampu led kadang mati kadang idup nah sekarang malah mati total itu apaanya

  29. author

    bambang swint6 months agoReply

    Saya punya motor vario tecno
    Kenapa ya lampu depan nya tiba2 mati

  30. author

    Angga6 months agoReply

    Sy punya motor vario 2010 setiap aki soak itu pasti smw lampu putus terus aki juga gak ngisi apa penyebab nya

  31. author

    Kevin6 months agoReply

    bro motor ane megapro 2004, setahun belakangan ini permasalahan kelistrikan terus sampe akhirnya ganti kabel body, sama ganti lampu h4, awalnya normal tp sekarang lampu senja putus dan lampu utama nya kalo digeber makin redup, apakah kiproknya?

  32. author

    Andy6 months agoReply

    Mas mau tanya, motor ane jupiter z 2004, setelah ganti kiprok 2 tahun lalu kemarin motor tiba tiba mati kontak on tdk ada.. Setelah di cek sekring aki leleh sehingga g ada listrik.. Abis ganti skring bisa nyala.. Apa kiprok nya rusak y om.??

  33. author

    Arlie5 months agoReply

    Gan ane mo nanya, motor ane beat fi injeksi, udah ganti kiprok(beli di dealer resmi ahass), awalny sih normal, pas dpke beberapa kali eh mati lagi. Klakson sama lampu kadang mati kadang bisa. Lampi indikator redup, Stater gak bisa, bunyinya dek dek dek gitu, kalo di sela mah bisa. Saat motor dijalanin, pas lepas gas, kadang2 motornya mati. Bt bgt ane udh kelur uang banyak sebelumnya gan
    Mohon pencerhanny (firasat ane sikykny akinya gan, soalnya pas kiprok blm di ganti(masih yg rusak/bermasalah) motor sempet ane panasin.

  34. author

    Joys5 months agoReply

    Bos mau tanya motor vario cw saya terkadang kelistrikanya mati total dan terkadang normal lgi,, dan disaat mati total pas saya stater kaki dia bisa nyala motornya tpi lampu sein dan lampu utama redup,, dan terkadang normal lagi seperti biasa. Kira 2 kenapa ya bos??

    • author

      apritos (Author)5 months agoReply

      mungkin adasoket kabel yg kendor bos

  35. author

    Eko5 months agoReply

    Mas saya mau tanya , motor saya ninja 250 awalnya spullnya ke bakar terus udah di ganti mas , tapi koq pengisiannya ke akinya gak ada ya setelah saya bawa jarak jauh,
    Terus pas nunggu mesin dingin baru bisa di stater , itu apanya ya mas

  36. author

    akiat4 months agoReply

    mas… saya jga mau nanyak saya baru 2 bulan ganti aki dan ganti kiplok kok cepat kali ya habis aki nya di kekstater gx mau hidup kalo kelakson ny masih kuat walau mesin nya ndak hidup. lampu depan nya berkedip saat di rem. motor saya vixion 2010.jadi ap masalah nya mas..

  37. author

    Mikhael Situmeang4 months agoReply

    Motor saya Revo 2009.
    Klo rpm ny rendah. Kelistrikan semua redup (seperti kurang arus). Tpi klo udh di gas rpm tinggi. Kelistrikan ny stabil (seperti motor biasa)

    Btw batre baru ganti

  38. author

    safik4 months agoReply

    mas mau tanya… aki sudah saya ganti 2x tapi d pakai beberapa hari langsung soak… jadi tetap pake aki soak jadi cuma lampu utama ,lampu sein redup & starter mati itu kiproknya atau apanya ya? mohon solusinya

  39. author

    Isep4 months agoReply

    Maap mas mau tNya mtor saya Supra fit thn 2004 klou di gas rpm tinggi lmpu nya mti terus pdhal bru ganti, tpi saya gx pke aki, apa pengaruh klou gx d pkein aki..

  40. author

    agito3 months agoReply

    mas nannya dong, motor ane tiba2 semalam pas di stater langsung drop power, tidak seperti aki soak, ini dropnya prah, ketika saya test menggunakan multi tester di aki 12,1 volt (kondisi mesin mati), begitu mesin dinyalakan, kondisi aki masih menancap di motor, tegangan di aki malah turun jadi 7-9 volt, tambah di gas makin turun, itu kenapa ya, tks

  41. author

    Agung3 months agoReply

    mas mau tanya dong kenapa sein gak hidup ya padahal aki bagus lampu semua nyala kelakson aman hanya sein aja ga hidup tapi pas saya lepas aki sein malah hidup itu kenapa ya mas mohon pencerahanya motor mio cw

  42. author

    Moli3 months agoReply

    Gan…motor smash saya kalau di rem lampu depannya malah semakin terang..
    kenapa jadi gan ?? trima kasih tuk infonya

  43. author

    oliver.hutabarat1@facebook.com2 months agoReply

    NVL saya ad suara desing gan
    Trus lampu utama ga nyala klo ga di gas 3rbu RPM
    Kira2 ap penyebabnya gan
    Mohon pencerahan

  44. author

    wixso2 weeks agoReply

    gan saya mau tanya kenapa motor saya kalau rpm tinggi lampu utama redup banget tapi kalau rpm rendah malah terang, kira kira apanya yang rusak ya?

Leave a reply "Ini Dia Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati Perlu Diganti"