Bersihkan Kaliper Master Cakram, Agar Rem Tetap Pakem

#RemCakram #KaliperCakram #RemMotor

Bersihkan Kaliper Master Cakram, Agar Rem Tetap Pakem | Rem kendaraan itu sangat penting. Perlu beberapa perawatan pada komponen pengereman. Ini agar rem selalu tetap pakem. Contohnya adalah melakukan perawatan terhadap rem cakram.

kaliper rem cakram

Membersihkan kaliper master cakram agar rem cakram tetap pakem merupakan bagian yang harus rutin dilakukan. Cara ini untuk menjaga performa kinerja rem cakram agar tetap pakem dan maksimal.

Karena setiap kali berkendara melewati jalan yang berdebu atau pun berlumpur, maka kotoran tersebut akan langsung menempel pada piston master cakram dan kanvas rem. Apabila piston master cakram dan kanvas rem tertutup kotoran, maka daya cengkram rem akan menurun. Ini mengakibatkan ram cakram tidak pakem lagi. Bahkan bisa jadi kinerja rem cakram tidak berfungsi lagi.

Oleh karena itu perawatan rutin pada rem cakram. Sebenarnya, cara membersihkan kaliper master cakram ini bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Cara membersihkan kaliper cakram pun cukup mudah.

Untuk membersihkan kaliper cakram, tidak membutuhkan peralatan ribet, cukup kunci sock atau kunci L (L bintang). Caranya membersihkan kaliper cakram hanya cukup lepas kabel rem dan kaliper rem dari shock breaker. Jangan lupa, lepaskan juga bantalan kaliper sebelum mulai membersihkan kaliper. Lalu bongkar master cakramnya. Selanjutnya sikat bagian permukaan dengan sikat kawat atau kertas ampelas halus.

Usai melakukan langkah-langkah sederhana di atas, pastikan permukaannya telah bersih dari kotoran. Bersihkan dengan menggunakan air, lalu jemur di angin-angin hingga benar-benar kering. Langkah terakhir, pasang kembali semua komponen yang sebelumnya telah dilepas, pastikan semua presisi dan pada tempatnya.

Cukup mudah bukan? Tidak butuh waktu lama. Tidak ada salahnya bagi biker untuk mencoba tips otomottif untuk membersihkan kaliper master cakram ini agar rem tetap pakem.

Tags: bengkel motor bengkel servis cara kerja rem jenis rem tips otomotif

Related Post "Bersihkan Kaliper Master Cakram, Agar Rem Tetap Pakem"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Bersihkan Kaliper Master Cakram, Agar Rem Tetap Pakem"