Si Pintar ECU (Electronic Control Unit) Otaknya Mobil

#ECUMobil #ElectronicControlUnit #Otomotif

ECU (Electronic Control Unit) Otaknya Mobil | Perkembangan teknologi otomotif saat ini sangat pesat. Sistem kendali elektronika pun sudah masuk dalam produk otomotif. Kali ini ada sistem kendali otomatis yang diberi nama ECU Electronic Control Unit yang dapat mengontrol semua sistem kendali yang ada di mobil.

chip ecu mobil

ECU (Electronic Control Unit) ini otaknya mobil. ECU ini berisi mini prosesor atau chip-chip elektronik yang mengatur dan mengendalikan komponen mobil.

Contohnya penggunaan ECU mobil adalah, yang dahulu kala mobil masih pakai karburator lalu sekarang sudah pakai injeksi yang pasti lebih irit dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Injeksi ini diatur oleh komputer yang bernama Electronic Control Unit (ECU).

Jadi, bisa diasumsikan bahwa ECU mobil dapat diibaratkan otak yang mengatur semua kinerja dari keseluruhan mobil, mulai dari mesin hingga featuredari mobil itu sendiri.

Bagaimana cara kerja Electronic Control Unit (ECU) mobil

Dalam kerjanya, ECU mobil dibantu oleh sebuah sensor. Sensor ini untuk mendeteksi segala sesuatu besaran yang akan dikendalikan oleh Electronic Control Unit.

diagram ecu mobil

Contohnya adalah kadar karbondioksida pada gas buang. Seberapa besar kadar karbondioksida akan diolah oleh ECU dan ECU akan mengatur campuran bahan bakar yang masuk kedalam ruang mesin. Saking pintarnya ECU, mereka dapat mengatur seluruhnya, mulai dari berapa bahan bakar yang diinjeksikan hingga kapan mulai pembakaran, semua itu tergantung dari kadar gas buang yang dibuang oleh mesin itu sendiri.

ECU mobil memang canggih. Dalam melakukan perawatan mobil pun cukup dengan melihat indikator sensor yang ada dalam Electronic Control Unit (ECU) mobil. Dengan kata lain, ECU ini memudahkan dalam melakukan perawatan mobil

Contoh perawatan mobil menggunakan Electronic Control Unit (ECU) adalah apabila tiba-tiba ada engine check menyala, kita cukup menggunakan scanner untuk membaca error dari ECU. Jadi akan langsung ketahuan bagian mana yang harus diservis. Sangat dipermudah dengan majunya teknologi sekarang.

Semakin canggihnya ECU mobil, Electronic Control Unit dapat digunakan untuk memarkirkan mobil secara otomatis. Hal ini seperti pada mobil Ford Focus dari Eropa. ECU mobil dalam Ford Focus ini dilengkapi dengan kamera pada sisi-sisi mobil dan si ECU akan mengkalkulasi jarak dan sudut untuk dapat parkir otomatis.

Saking canggihnya ECU mobil dan banyaknya sensor yang terpasang pada mobil, ini menjandi kendala bagi beberapa kalangan. Bagi para pegiat modifikasi mobil, ECU mobil dan sensornya kadang menjadi penghambat dalam melakukan modifikasi mobil.

Para modifikator mobil harus memperhatikan beberapa letak dan posisi sensor yang terdapat pada mobil. Tantangan dalam modifikasi mobil adalah bagaimana cara memodifikasi mobil tanpa merubah posisi dan letak sensor ECU mobil.

Electronic Control Unit ini memang canggih. Harus berhati-hati dalam modifikasi mobil dengan teknologi yang semakin canggih sekarang, karena Electronic Control Unit (ECU) pada mobil semakin pintar.

Tags: elektronika mobil info otomotif kamus otomotif modifikasi otomotif teknologi mobil

Related Post "Si Pintar ECU (Electronic Control Unit) Otaknya Mobil"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
  1. DIY : Begini Lho Cara Reset ECU Secara Manual2 years agoReply

    […] retard tersebut hilang dan setting timing kembali ke standard pabrikan adalah dengan mereset ECU mobil. Dengan mereset ECU ini bisa dijadikan cara untuk menghilangkan suara knocking ngelitik pada mesin […]

Leave a reply "Si Pintar ECU (Electronic Control Unit) Otaknya Mobil"