3 Ciri Ciri Oli Yang Cocok Pada Mesin Saat Dipakai

Posted on

#OliYangBaik #OliYangCocol #CiriOli

3 Ciri Ciri Oli Yang Cocok Pada Mesin Saat Dipakai | Banyak orang berpendapat oli mesin itu cocok-cocokan. Kalau saya sepakat dengan pendapat itu. Bagi saya, opini pendapat tentang oli yang cocok itu nyata dan riil berdasar pengalaman penggunaanya.

ciri oli terbaik

Ada beberapa hal mempengaruhi kecocokan oli terhadap mesin saat pemakaiian. Walaupun tahun kendaraan sama, tapi cara perawatan dan kondisi mesin berbeda, maka akan berpengaruh juga terhadap kecocokan oli. Selain itu, karakter berkendara atau karakter mengemudi dan medan jalanan yang dilalui juga mempengaruhi kecocokan oli mesin. Lantas, apa ciri-ciri oli mesin yang cocok sesuai dengan kendaraan yang kita pakai?

3 ciri-ciri oli yang cocok pada mesin saat dipakai

Suara mesin yang halus

Halus dalam artian spesifikasi oli mesin sesuai yang tertera di buku manual motor, terlalu encer atau terlalu kental juga tidak baik. Sesuaikan juga dengan tahun produksi motor dan jenis rute yg dilalui.

Terasa putaran mesin ringan dan responsif

Biasanya ini dirasakan saat awal-awal penggantian oli. Pada oli mesin yang cocok, rasa putaran gas yang enteng dan responsif ini akan lebih awet bertahan lama hingga berminggu-minggu.

Suhu mesin stabil

Mesin akan menjadi cepat panas jika oli tidak cocok. Bila oli kena panas yang berlebih, maka dapat memecah komposisi oli dan dapat melepaskan partikel karbon. Seiring dengan waktu, maka akan menumpuk dan membentuk endapan lumpur (sludge). Untuk diketahui bahwa panas mesin tidak ada hubungannya dengan penguapan ya gan.

Baca juga : Oli Mobil Terbaik Di Indonesia – Total Quartz Menjaga Performa Mesin

Penguapan oli yang minimal

Oli menguap disebabkan karena adanya celah antara liner dan piston yang sudah tidak sesuai batas toleransi. Akibatnya oli yang dari crankcase menyelinap dan masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Indikasinya seperti keluar asap putih dari knalpot.

Hal penting tentang oli mesin yang cocok adalah harus rajin cek dan ganti oli secara rutin. Pakailah oli sesuai dengan spesifikasi oli yang dianjurkan pabrikan. Selain itu, juga harus memakai kualitas oli yang baik.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *