Mengenal Macam-Macam Rangka Sepeda Motor

#FrameMotor #RangkaSepedaMotor #RangkaMotor

Macam-Macam Rangka Sepeda Motor | Kestabilan dan kekuatan body motor tidak terlepas dari frame atau rangka sepeda motor. Kerangka motor ini sebagai tempat menempelnya komponen-komponen motor.

Umumnya mesin berada di dalam rangka ini dan tersambung dengan fixed. Namun komponen kaki kaki dan suspensi seperti lengan ayun dan garpu sok depan terhubung dengan rangka melalui semacam persendian yang memungkinkan kedua komponen tersebut bergerak.

Rangka sepeda motor juga berfungsi melindungi komponen-komponen sensitif sepeda motor saat terjadi benturan. Rangka motor itu banyaknya macamnya.

Mengenal macam-macam rangka sepeda motor

Single cradle frame

rangka motor single cradle

Rangka single cradle adalah rangka sepeda motor paling awal dan memiliki bentuk yang paling sederhana. Ciri-ciri rangka single cradle adalah dikelilingi oleh pipa logam. Pipa utama yang terletak diatas umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding pipa lainnya. Jenis motor yang paling banyak menganut sistem rangka single cradle adalah motor off road dan motor harian.

Double crade frame

rangka motor double crade frame

Rangka double cradle merupakan pengembangan dari rangka single cradle dengan modifikasi pada penambahan jumlah pipa penyangga mesin. Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Walaupun sekarang banyak tergantikan oleh jenis rangka perimeter, rangka double cradle banyak di pakai pada sepeda motor harian seperti Yamaha Scorpio, Kawasaki Ninja R/L/RR /KRR 150 dan Bajaj Pulsar dts-i 180.

Half-duplex single cradle

Adalah rangka double Cradel dengan dudukan mesin single , tulang punggung (spile) tunggal serta down tube tunggal dan bisa kita temukan di rangka Motor Suzuki TS50 misalnya

Full duplex double cradle

Adalah rangka double Cradel dengan dudukan mesin rangkap dua, tulang punggung (spile) rangkap dua serta down tube rangkap dua dan bisa kita temukan di rangka Motor Norton Manx, Suzuki TS50X, BMW 500 Supercharger, Aprilia RX125, 2003 Kawasaki Vulcan 2000, Piaggio GP800 Scooter, 1995 Suzuki GSX-R750, 2011 KTM 150XC, dan banyak jenis scooter matik

Backbone frame

rangka motor back bone frame

Rangka backbone terdiri dari pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Rangka ini cukup sederhana dan ekonomis. Biasanya para perancang juga menambah batang pipa dibagian depan yang mengarah kebawah untuk membantu menyangga mesin, seperti yang terlihat di Rangka CB92 benly.

Perimeter frame

rangka motor perimeter frame

Rangka perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai twin spar frame atau juga twin tube. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah ke kakuan (rigidity) sepeda motor.

Trellis frame

rangka motor trellis frame

Rangka teralis banyak digunakan pada sepeda motor italia. Rangka ini menganut konsep dan dasar pemikiran yang sama dengan rangka perimeter tentu dengan perbedaan bentuk. Rangka teralis biasanya berbentuk jalinan pipa-pipa turbular yang dilas satu-persatu. Semakin banyak pipa-pipa menyilang maka rangka akan semakin kaku, begitu juga sebaliknya.

Monocoque frame

rangka motor monocoque frame

Rangka monocoque atau rangka monokok bisa dibilang rangka multi fungsi. Selain menjalankan fungsi rangka pada umumnya, rangka monocoque bisa berfungsi sebagai tangki bahan bakar. Rangka monocoque terintegrasi secara utuh dengan bagian fisik. Skuter vespa piaggio merupakan contoh sepeda motor yang mengaplikasikan rangka motor jenis ini. Kawasaki Zx14 merupakan salah satu sportbike yang mengaplikasikan tipe rangka monocoque.

Tags: info otomotif kamus otomotif sparepart motor

Related Post "Mengenal Macam-Macam Rangka Sepeda Motor"

Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Honda CBR 250R
#Honda #CBR250 #WiringDiagram Kelistrikan Honda CBR 250R |

Leave a reply "Mengenal Macam-Macam Rangka Sepeda Motor"