Tips Persiapan Touring Motor Yang Harus Dilakukan

#Touring #SafetyRiding #TipsOtomotif

Tips Persiapan Touring Motor | Touring motor memerlukan sebuah persiapan. Bila jumlah peserta touring motor tergolong banyak, maka perlu mengatur strategi saat berkendara di jalan secara gerombolan. Langkah ini diambil agar semua biker perserta touring dapat sampai tujuan dengan selamat.

break point touring motor

Selain melakukan pengecekan kendaraan sebelum touring, sebaiknya juga dilakukan hal-hal yang dirasa perlu untuk persiapan touring motor perjalanan jauh. Contohnya bila touring motor dilakukan dalam jumlah peserta yang banyak, maka perlu dilakukan koordinasi dulu sebelumnya.

Tips persiapan touring motor yang harus dilakukan

Pelajari rute perjalanan

Ada baiknya sebelum berangkat touring, usahakan setidaknya mempelajari tentang rute perjalanan yang akan dilalui. Ini sangat berguna untuk meminimalkan resiko tersesat. Hal ini juga bisa untuk persiapan dini mengetahui medan jalan yang akan dilalui.

Pakai alat bantu GPS

Pakai GPS sangat membantu sekali. Tetapi penggunaan GPS tanpa mempelajari rute sebelumnya, juga bisa mengakibatkan tersesat. Sering kali GPS memberikan rute jalan yang tidak masuk akal (misalnya jalan terlampau kecil yang gak mungkin dilewati). Jika sudah mempelajari rute sebelumnya paling tidak kita punya gambaran rute yang seharusnya benar

Perhitungkan jarak tempuh, lama perjalanan, dan waktu touringnya

Penting untuk mengetahui jarak tempuh tempat tujuan? Seberapa jauh perjalanannya? Seberapa lama waktu tempuh perjalanan? Sehingga bisa menghindarkan dari touring kejar target. Ini untuk menghindari kecenderungan ngebut di jalan karena kejar deadline waktu, yang bisa mengakibatkan kelelahan yang bisa berbahaya. Tidak semua orang cukup kuat untuk jalan berkendara non stop.

Waktu touring yang dipilih juga perlu diperhitungkan, sebab tidak semua orang terbiasa dan bisa dengan perjalanan malam dan saat musim hujan.

Meeting singkat sebelum berangkat

Buat yang touring dalam group terdiri dari beberapa motor, maupun touring satu motor hanya berdua sama pembonceng saja, ada baiknya sebelum berangkat touring, melakukan meeting singkat. Lakukan briefing mengenai rute yang akan dilalui dan rencanakan pos pemberhentian istirahat dimana? Selain itu, mengingatkan peserta rombongan touring supaya tidak saling kebut. Sepakati juga kode saat berkendara di jalan raya.

Membuat daftar peserta touring serta nomor telp keluarga yang bisa dihubungi jika ada situasi darurat.

Ini sangat berguna dan membantu agar bisa bertindak cepat jika sampai terjadi situasi darurat.

Bawa obat dan peralatan P3K

Kotak peralatan P3K ini hanya untuk berjaga-jaga saja bila diperlukan untuk pengobatan ringan selama touring motor.

Berdoa sebelum berangkat

Ini wajib. Pastikan berdoa agar perjalanan selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa dan diberi kelancaran selama melakukan perjalanan touring.

Tags: info otomotif komunitas motor motor touring safety riding tips jalanan tips otomotif

Related Post "Tips Persiapan Touring Motor Yang Harus Dilakukan"

Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KX250
#Kawasaki #KX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KX250
Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Keluaran Tahun 2012 Sampai 2015
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram Kawasaki KLX
Skema Kelistrikan Wiring Diagram Kawasaki KLX 250 Tahun 2008 – 2011
#Kawasaki #KLX250 #MotorTrail Wiring Diagram KLX 250
Wiring Diagram Kelistrikan Kawasaki KLX 250 Tahun 2006 – 2007
#Kawasaki #MotorTrail #KLX250 Kelistrikan Kawasaki KLX 250

Leave a reply "Tips Persiapan Touring Motor Yang Harus Dilakukan"