Tips Sederhana Untuk Perawatan Wiper Mobil

#WiperMobil #KaretWiper #WiperKaca

Perawatan Wiper Mobil | Fungsi wiper mobil begitu penting disaat berkendara di kala hujan. Dengan seringnya penggunaan wiper mobil, maka kondisi wiper juga akan mempengaruhi keawetan kaca mobil. Untuk itu, alangkah baiknya untuk melakukan perawatan wiper mobil secara rutin. Apalagi saat musim hujan, perawatan menjadi lebih sering.

cek wiper mobil

Dalam melakukan perawatan wiper mobil, harus memperhatikan bagian karet wiper. Apabila menemukan kerusakan pada karet wiper, maka harus segera di ganti dengan yang baru. Akan tetapi, penggantian karet wiper ini harus memilih karet wiper yang bagus dan berkualitas.

Kesalahan pemilihan karet wiper mobil, bisa mengakibatkan adanya goresan atau kerusakan kaca mobil. Salah satu ciri-ciri karet wiper yang baik adalah dapat membersihkan air pada permukaan kaca mobil secara merata. Kualitas karet wiper yang kurang baik akan menyebabkan kaca menjadi buram dan tergores.

Maka dari itu, perlu diperhatikan dalam perawatan wiper mobil. Ikuti beberap alangkah dan tips sederhana dalam perawatan wiper mobil berikut.

  • Cek kondisi karet wiper mobil. Ganti karet wiper mobil bila kondisi karetnya sudah mengeras. Namun, bila karet wiper yang terlalu lunak juga harus diganti. Karet wiper yang lunak tidak bisa menyeka air pada permukaan kaca mobil secara merata.
  • Saat mengganti karet wiper, pastikan karet wiper yang baru sesuai dengan panjang wiper mobil yang terpasang. Setiap mobil mempunyai ukuran panjang wiper yang berbeda. Karet wiper yang di jual di pasaran, terdapat dua jenis cara pemasangannya. Yaitu, jenis karet wiper denga model baut dan karet wiper dengan model jepit
  • Bersihkan karet wiper mobil secara rutin. Bersihkan kotoran debu yang menempel pada karet wiper dua minggu sekali.
  • Cek kondisi selang pada tabung reservoir secara berkala. Bersihkan juga tabung wiper secara berkala. Bila semprotan air wiper kurang lancar, maka bersihkan nozzel pada wiper mobil.
  • Periksa juga kabel kelistrikan yang terhubung dengan pompa wiper.

Beberapa tips sederhana untuk perawatan wiper mobil di atas, bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup mudah untuk melakukannya. Bila saat musim hujan, lakukan perawatan wiper dengan frekuensi yang lebih sering.

Tags: aksesoris mobil kaca mobil merawat mobil mobil kehujanan perawatan mobil tips otomotif

Related Post "Tips Sederhana Untuk Perawatan Wiper Mobil"

Cara Reset Automatic Power Window Mobil
#Mobil #DIY #Bengkel Automatic Power Window |
Hal Umum Penyakit Motor Matic Yang Sering Terjadi
Penyakit Motor Matic | Hujan dan genangan

Leave a reply "Tips Sederhana Untuk Perawatan Wiper Mobil"