Memilih Alur Tapak Ban Yang Sesuai Kondisi Jalan

Posted on

#AlurBan #JenisBan #TipeBan

Memilih Alur Tapak Ban | Saat memacu kendaraan di kondisi jalanan ekstrem, tentu memerlukan jenis ban khusus. Secara tidak langsung, tiap jenis alur ban mempunyai peruntukan kondisi jalan yang berbeda-beda. Jalanan yang masih tanah berbatu, tentu mempunyai alur ban yang berbeda dengan peruntukan jalan aspal.

lubang karet ban

Alasan seperti di atas tersebut, menjadi alasan mengapa terdapat banyak macam alur ban. Seperti yang diketahui, kondisi ban mempengaruhi kestabilan kendaraan melintasi jalan. Alur ban ini mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu perlu kesesuaian alur tapak ban dengan kondisi jalan yang dilalui.

Memilih alur tapak ban yang sesuai kondisi jalan

  • Alur kembangan ban menyerupai huruf “V”. Alur tapak ban V memiliki keunggulan dalam menepis air. Ban tipe ini memberikan handling yang baik di jalanan yang kering atau basah, serta memberikan pengereman ban yang lebih baik. Ban tipe ini sangat cocok untuk kecepatan tinggi.
  • Alur kembangan ban jenis simetris. Alur tapak ban simetris bentuknya menyerupai alur bergelombang dan bentuknya sama persis antara kedua sisi. Ban tipe simetris ini memiliki keunggulan yaitu lebih terasa lembut serta cocok untuk kenyamanan.
  • Alur kembanga ban asimetris. Alur tapak ban asimetris memiliki pola batikan kembangan yang tidak sama antara bagian luar dan dalam. Tapak ban ini didesain untuk menapak sempurna pada jalanan serta membuat pengendalian kendaraan menjadi lebih stabil pada jalan yang berbelok. Penggunaan ban ini cocok untuk daerah jalan pegungungan yang naik turun dan berkelok-kelok.
Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Butuh dirimu sebagai inspirasi ku