Kenali Sensor Knock Penyebab Mesin Mobil Ngelitik

#SensorKnock #MesinNgelitik #MesinMobil

Sensor Knock Penyebab Mesin Mobil Ngelitik | Kadang kita menemui mesin mobil berbunyi ngelitik. Hal ini biasanya disebabkan oleh ignition timing pada ECU mobil.  Maka dari itu, untuk mengatasi mesin kendaraan yang ngelitik adalah dengan mengatur waktu pembakaran (ignition timing) yang dilakukan oleh ECU mobil.

posisi sensor knock

Sebenarnya, ECU dalam mengatur waktu pembakaran berdasarkan oleh kerja sensor knock. Sensor knock ini membantu ECU untuk mengetahui mesin ngegelitik atau tidak. Jadi sensor knock ini semacam telinga bagi mesin kendaraan yang terhubung dengan ECU. Sensor knock mampu menerima sinyal frekuensi antara 6 sampai 9 KHz dengan sensitif. Sensor ini mampu menangkap suara mesin saat menggelitik.

Saat sensor knock menangkap gangguan, sensor ini akan mengirim sinyal ke ECU untuk mengatur waktu pembakaran sehingga gejala menggelitik hilang. Jika sensor mengalami kerusakan, dapat mengakibatkan mesin mengalami kerusakan cukup besar. Selain itu harga sensor knock cukup mahal.

Posisi sensor knock terpasang tepat pada blok silinder, sehingga risiko terjadi kerusakan sensor pun cukup besar. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah sensor yang tertutupi residu karbon hasil pembakaran. Hal ini merepotkan dan kemungkinan untuk diperbaiki cukup kecil. Tak jarang jika hal ini terjadi pemilik kendaraan harus menggantinya dengan yang baru. Untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menggunakan cairan pencuci karbon. Cairan ini mampu menggerus kerak karbon yang menempel.

Selain residu karbon, penyebab kerusakan sensor knock juga bisa disebabkan oleh temperatur suhu mesin yang berlebihan yang disebabkan oleh water cooling system yang tidak bekerja dengan baik atau penggunaan oli mesin yang tidak cocok. Ini bisa menjadikan mesin mobil ngelitik.

Perawatan sensor knock ini tidak terlalu sulit, hanya pastikan sensor tidak tertutup debu atau kotoran. Untuk membersihkan sensor knock cukup dengan kain bersih dan contact cleaner (contoh WD-40), hanya posisinya yang mungkin sulit dijangkau untuk dibeberapa tipe engine.

Permukaan sensor knock dan bagian yang dibaca juga harus bersih karena akan berpengaruh besar pada pembacaan dari vibrasi atau knock yang terjadi. Kotornya pada bagian ini juga dapat menjadi penyebab mesin mobil ngelitik. Maka dari itu, bersihkan perangkat sensor dengan hati-hati.

Tags: busi injeksi matic merawat mobil mesin mobil perawatan mobil sistem pengapian mesin tips otomotif

Related Post "Kenali Sensor Knock Penyebab Mesin Mobil Ngelitik"

Pilihan Tipe Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Engine Spesifikasi Mesin Daihatsu
Kenali Karakter Mesin Berpendingin Udara Dan Liquid Cooled
#Radiator #Mesin #Pendingin Karakter Mesin Berpendingin Udara

Leave a reply "Kenali Sensor Knock Penyebab Mesin Mobil Ngelitik"