Cara Mengetahui Ukuran Velg Dan Ban Mobil

adsense-fallback

#VelgMobil #BanMobil #KakiKakiMobil

Ukuran Velg Dan Ban Mobil | Hal pokok sebelum melakukan modifikasi kaki kaki mobil ada dengan mengetahui ukuran velg dan ban. Cara ini digunakan untuk mengetahui penggantian velg dan ban mobil yang ideal dan pas pada mobil. Biasanya spesifikasi velg dan ukuran PCD mobil tiap merk dan negara produsen itu berbeda-beda.

adsense-fallback

Mengetahui ukuran velg dan ban mobil bisa dilihat dari tulisan yang berada dipermukaan ban. Akan tetapi, tanda tulisan tulisan pada ban tersebut hanya merupakan sebuah kode. Jadi harus diterjemahkan dahulu untuk bisa mengetahui ukuran velg dan ban mobil.

Cara mengetahui ukuran velg mobil

Untuk mengetahui ukuran velg mobil, harus mengerti istilah Bold Pattern. Bold Pattern adalah jarak lubang yang terdapat dalam velg mobil. Selain itu juga harus tahu tentang PCD (Pitch Circle Diameter).Biasa dalam velg mobil terdapat tulisan kode seperti 6/133.4 (6 adalah jumlah baut di velg, 133.4 adalah ukuran diameter lingkaran posisi lubang baut).

Selain itu juga harus mengerti istilah Rim Marking. Rim Marking adalah cara untuk mengenali kode velg berdasarkan ukuran velg tersebut. Kode ini menggambarkan kondisi yang besar, diameter, dan juga offset dari sebuah velg. Biasanya dituliskan dalam kode seperti 15×7 JET 38 (15 adalah ukuran velg mobil dalam satuan inchi, 7 adalah lebar velg dalam satuan inchi, dan 38 adalah ukurang offset dalam velg mobil)

Cara mengetahui ukuran ban mobil

Untuk dapat mengetahui ukuran ban mobil, dapat melihat ukuran ban mobil berdasarkan kodeh uruf dan angka yang terdapat dilapisan luar ban mobil. Contoh P 185 65 R 13 89 H. Arti terjemahan kode produksi ban tersebut adalah. Huruf P adalah tipe pemakaian ban mobil tipe penumpang, P artinya Passenger, jika LT artinya Light Truck dan T artinya Temporary. Angka 185 adalah ukuran lebar tapak ban dalam milimeter. Ukuran ini disebut juga dengan section width. Angka 65 adalah ukuran tinggi sisi samping ban, diukur dalam persentase dari lebar tapak ban, yang disebut juga dengan aspect ratio. Huruf R adalah ukuran kostruksi ban yang berarti radial, jika B artinya belted bias, dan D artinya diagonal bias. Angka 13 adalah ukuran diameter ban dalam yang harus disesuaikan dengan diameter velgnya juga. Angka 89 adalah ukuran indeks beban yang mampu ditahan oleh ban ketika ban diisi angin dengan maksimum sebesar 580 kg. Huruf H adalah ukuran rating kecepatan maksimum yang dapat ditempuh ban, dalam keadaan ini H berarti kecepatan maksimumnya 210 km/jam.

Cara mengetahui ukuran velg dan ban mobil cukup rumit bukan? Sebenarnya tidak rumit, hanya saja perlu hafal tentang tabel kode produksi ban. Yang perlu diperhatikan adalah, pada waktu penggantian velg mobil atau ganti ban mobil, maka penggantiannya harus menyesuaikan ukuran yang ada. Ukuran harus sama.

adsense-fallback