Tanda Segitiga Pengaman Mobil, Pertanda Darurat

Posted on

#TandaPengaman #SegitaMerah #PengamanKendaraan

Tanda Segitiga Pengaman Mobil | Sering kali kita menemui mobil atau truk yang berhenti di tengah jalan atau pinggir jalan dengan terpasang tanda segitiga pengaman kendaraan di samping depan dan belakang mobil. Tanda segitiga mobil ini merupakan pertanda darurat akan telah terjadi sesuatu pada mobil yang memakai tanda itu.

segitiga merah pengaman

Fungsi kegunaan  tanda segitiga pengaman mobil itu sebagai tanda untuk pengguna jalan lain bahwa ada mobil yang berhenti di sekitar tanda tersebut. Entah itu berhenti dipinggir jalan atau di tengah jalan. Dan mobil yang berhenti tersebut sedang dalam bermasalah.

Dalam berkendara, kita tidak pernah bisa memprediksi waktu dimana kita terpaksa menghentikan laju kendaraan dikarenakan harus mengganti ban bocor atau bahkan terdapat kerusakan pada mesin mobil dan komponennya. Dengan memasang tanda segitiga merah beberapa meter di belakang dan atau di depan mobil, maka dapat mengingatkan pengguna jalan lain untuk memperlambat laju kendaraan mereka sehingga tidak terjadi tabrakan.

Sebagai pemilik mobil yang baik, sangat penting untuk melengkapi peralatan darurat mobil dengan tanda segitiga pengaman mobil. Paling tidak harus mempunyai 2 buah tanda segitiga merah tersebut. Dengan adanya tanda segitiga kendaraan ini, tidak perlu khawatir setiap saat mobil harus berhenti di jalan karena keadaan darurat, meskipun di tengah jalan sekalipun. Tanda segitiga pengaman mobil ini dipasang di depan dan belakang mobil setiap saat harus berhenti darurat.

Tanda segitiga pengaman mobil yang standar didesain dengan warna merah yang dicat dengan pewarna khusus sehingga juga dapat bercahaya dalam gelapnya jalanan pada malam hari. Selain produk berdesain standar, ada juga tanda segitiga pengaman yang dilengkapi lampu LED. Dengan adanya cahaya lampu segitiga pengaman kendaraan, pengguna jalan lain dapat menyadari keberadaan mobil yang berhenti dari jarak yang lebih jauh, sehingga kondisi pun akan jauh lebih aman.

Namun bagaimana jadinya bila mobil harus berhenti di tengah jalan, sementara tidak mempunyai tanda segitiga pengaman merah mobil. Dalam keadaan sangat darurat, tanda segitiga merah bisa digantikan dengan potongan kain/pakaian yang diikatkan pada sebuah tongkat kayu. Atau bisa juga menggunakan ranting pohon yang banyak daunnya untuk di letakkan di jalan sebagai pengganti tanga segitiga pengaman kendaraan tersebut. Ini merupakan cara darurat. Akan tetapi sangat dianjurkan untuk tetap menggunakan segitiga pengaman mobil sebagai tanda keadaan daruratnya.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *