Mengatasi Mesin Mobil Overheating Saat Di Jalanan

#MesinMobil #OverHeating #TipsJalanan

Mengatasi Mesin Mobil Overheating | Kebanyakan orang akan panik bila menemui mobil yang ditumpanginya mendadak mengeluarkan asap di sekitar mesin. Mesin mobil mendadak panas dan suhu mesin melebihi batas maksimalnya. Dengan kata lain, mesin mobil overheating.

asap putih kap mesin

Tidak sedikit lho, yang mengalami mesin mobil overheating. Bahkan, sampai saking panasnya mesin mobil, sampai mengeluarkan asap putih dari balik kap mobil. Kalau hal ini dibiarkan akan bisa berdampak pada kerusakan mesin. Bila sudah sampai begini, ini bisa menyebabkan mobil kebakaran.

Biasanya, penyebab mesin mobil cepat panas adalah radiator. Bisa jadi disebabkan oleh radiator bocor sehingga menjadikan air radiator kosong. Maka dari itu, biasanya pengemudi yang akan melakukan perjalanan jauh akan selalu mengecek air radiatornya. Ini untuk mencegah kekosongan air radiator di tengah jalan.

Akan tetapi, bila di tengah jalan dan mengalami mesin overheating, maka solusi sementara adalah dengan mematikan mesin mobil dulu. Diamkan mobil dalam keadaan mati beberapa jam. Ini berguna untu mendinginkan mesin yang kepanasan. Ini merupakan cara mengatasi mesin mobil overheating yang paling praktis dan merupakan cara penanganan pertama kali pada mesin mobil panas berlebih.

Kalau sudah agak dingin, maka segera buka kap mesin mobil dan lakukan cek air radiator. Apakah air radiator masih ada atau tidak? Atau apakah kapasitas air radiator masih mencukupi atau tidak? Pada umumnya, mesin mobil cepat panas di sebabkan oleh air radiator berkurang.Atau bahkan air radiator habis.

Jika mesin mobil overheating dikarenakan radiator bocor, maka segera buntal ikat selang radiator dengan bahan vinyl atau kain untuk menutup sementara kebocoran selang radiator. Namun bila dikarenakan oleh tali kipas radiator yang rusak maka harus ganti tali kipas nya. Jika kerusakan disebabkan thermostast radiator yang sudah tidak berfungsi maka jalan satu-satunya adalah ganti dengan yang baru.

Pada intinya, cara mengatasi mesin mobil cepat panas ini bersifat pertolongan pertama. Cara ini bisa digunakan bisa mengalami mesin mobil overheating mengeluarkan asap putih saat di tengah perjalanan. Bila penanganan pertama kali ini sudah dilakukan, maka mobil bisa  dijalankan lagi dengan kecepatan pelan saja sembari menuju bengkel mobil terdekat.

Perlu diketahui, kalau memaksakan mobil untuk di pacu dalam kondisi mesin mobil overheat, maka bisa menyebabkan kerusakan mesin mobil yang teramat parah.Kejadian paling fatal adalah bisa menyebabkan mobil kebakaran.

Tags: mesin mobil oli mesin tips jalanan tips otomotif

Related Post "Mengatasi Mesin Mobil Overheating Saat Di Jalanan"

Pilihan Tipe Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra
#Daihatsu #Sigra #LCGC #Engine Spesifikasi Mesin Daihatsu
Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang
#TipsOto #Motor #Bengkel Roda Belakang Bergoyang |
Kenali Karakter Mesin Berpendingin Udara Dan Liquid Cooled
#Radiator #Mesin #Pendingin Karakter Mesin Berpendingin Udara

Leave a reply "Mengatasi Mesin Mobil Overheating Saat Di Jalanan"